Tak Hanya Tubuh, Berikut Hal yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Puasa

Puasa tidak hanya soal menahan lapar dan haus. Tapi juga tentang menjaga diri dalam menahan nafsu dan peduli dengan lingkungan sekitar. Agar puasa Anda selama Ramadhan berjalan lancar, berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

 

1. Siapkan stamina tubuh

Menahan lapar dan haus selama belasan jam, bukan berarti aktivitas dan rutinitas Anda akan berkurang. Malah tidak jarang kegiatan Anda jadi bertambah. Mulai dari bangun dini hari untuk sahur, kerja atau kuliah seperti biasa, berbuka puasa dengan keluarga di rumah atau kawan lama, sampai menjalani ibadah tarawih. Kondisi itu tentu menuntut Anda untuk terus menjaga stamina tubuh, agar tidak mudah sakit, terutama di awal Ramadhan.

Untuk itu, Anda harus menjaga kesehatan tubuh dengan menyantap makanan sehat, yang mengandung nutrisi lengkap, seperti vitamin C; melakukan olahraga secara teratur, juga istirahat yang cukup. Dengan persiapan itu, tentu Anda tidak mudah sakit meski banyak aktivitas saat puasa. (1)

 

2. Sediakan kebutuhan pokok selama Ramadhan

Selama Ramadhan, kita memang harus menahan lapar dan haus selama belasan jam. Namun kita juga dianjurkan bersantap sahur dan berbuka puasa dengan makanan sehat serta bernutrisi lengkap. Tujuannya tentu agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalani puasa. Karena itu, ada baiknya Anda mulai menyediakan stok makanan untuk Ramadhan, agar tidak kelimpungan saat tiba-tiba ada bahan makanan yang habis. Apalagi biasanya, harga bahan pokok akan melambung menjelang dan selama puasa. (1)

 

3. Hindarkan diri dari kebiasaan buruk

Seperti yang disebutkan di atas, puasa tidak hanya soal menahan lapar dan haus. Tapi juga menjaga diri dalam menahan nafsu dan peduli dengan lingkungan sekitar. Ini artinya, Anda harus belajar mengubah kebiasaan buruk yang selama ini dilakukan. Misalnya saja Anda termasuk perokok berat. Maka kini adalah waktu yang tepat untuk mulai mengurangi atau malah meninggalkannya.

Atau Anda termasuk orang yang mudah marah, juga berbohong? Kalau begitu, segeralah mengubah kebiasaan Anda itu sebelum Ramadhan menjelang. Ini penting, agar puasa Anda tidak jadi sia-sia, hanya karena amarah Anda meledak atau Anda tidak berkata jujur. (2)

 

4. Mempersiapkan zakat

Anda tentu sudah tahu bila umat Muslim diwajibkan menyisihkan penghasilannya sebesar 2,5 persen untuk zakat. Bila selama ini Anda melupakan kewajiban itu, kinilah saatnya untuk menghitung kembali pendapatan Anda dan menyisihkan sebagian untuk zakat. Perhitungan zakat ini sebaiknya dilakukan sebelum Ramadhan menjelang, sehingga Anda bisa menghitung pengeluaran, antara biaya konsumsi sehari-hari, ongkos mudik, persiapan menjelang hari raya, serta zakat. (2)

Setelah seluruh persiapan itu, jangan lupa juga untuk memperbaiki ibadah dan ikatan silahturahmi dengan orang lain. Sehingga Anda bisa menjalani puasa Ramadhan dengan optimal.

 

Sumber:

(1) http://english.alarabiya.net/en/variety/2015/06/13/Ready-for-Ramadhan-Top-tips-to-prepare-your-body-for-fasting.html

(2) https://uk.news.yahoo.com/ten-tips-to-prepare-for-Ramadhan-20120711.html