Bagikan di :

5 Langkah Sederhana untuk Memulai Gaya Hidup Sehat

Ritme kehidupan yang makin cepat dapat melemahkan sistem imunitas tubuh. Berdasarkan beberapa penelitian, pilihan yang dibuat sehari-hari cukup berpengaruh terhadap daya tahan tubuh seseorang. Stres, serba terburu-buru, kurang istirahat, dan pola makan tidak sehat semuanya berpengaruh membuat daya tahan tubuh menurun. Oleh sebab itu, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat penting untuk mengurangi faktor gaya hidup yang mengganggu sistem imunitas tubuh manusia.

Akan tetapi, faktor apa saja yang harus diperhatikan? Simak selengkapnya sekarang.

Young woman stretching after a good night's sleep

Kurang tidur

Sistem imunitas tubuh tidak hanya dipengaruhi oleh berapa lama Anda tidur, tetapi juga kualitas istirahatnya. Anda dapat meningkatkan sistem imunitas dengan Istirahat yang cukup dan nyenyak. Orang dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur agar daya tahan tubuh tetap baik. Jika sulit untuk tidur nyenyak, coba teknik relaksasi, seperti meditasi atau yoga di tengah hari Anda. Hindari penggunaan perangkat elektronik berlayar setidaknya satu jam sebelum tidur supaya otak terdorong untuk “istirahat".

Tubuh yang tidak aktif

Tubuh yang aktif membantu sistem imunitas tubuh dalam melawan infeksi. Sementara itu, jarang gerak membuat Anda menahan sistem imunitas tubuh untuk bekerja optimal. Oleh sebab itu, gaya hidup sehat dan aktif mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Bagi Anda yang terjebak di tengah gaya hidup tidak aktif, Anda dapat melatih fisik lebih aktif dengan memulai olahraga ringan.Jalan kaki ringan, joging semampunya hingga olahraga dengan intensitas yang sesuai kemampuan selama beberapa kali dalam seminggu dapat menjadi pilihan. Alhasil, daya tahan tubuh akan meningkat.

Asap rokok dan merokok

Walaupun bukan perokok, berada di tengah asap rokok dapat memengaruhi sistem imunitas tubuh. Kandungan pada asap rokok dapat melemahkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi. Oleh sebab itu, hindari merokok untuk daya tahan tubuh yang lebih baik.

Lalu, apa dampak rokok terhadap daya tahan tubuh perokok aktif? Sederhananya, sel darah putih selalu bekerja keras jika Anda merokok. Sel tersebut selalu melawan dampak dari merokok di dalam tubuh. Dengan berhenti merokok, sistem imunitas tubuh dapat kembali bekerja dengan normal.

Pola makan tidak sehat

Tidak ada waktu untuk makanan bergizi di tengah kondisi yang terburu-buru? Hal ini mampu melemahkan imunitas tubuh. Selain stres dan kualitas tidur, nutrisi juga berperan penting terhadap sistem imunitas tubuh. Makanan merupakan sumber utama energi serta mendukung sistem imunitas yang sehat. Jadi, pola makan yang tidak sehat dapat membuat sistem imunitas tubuh tidak optimal.

Dengan kata lain, Anda dapat meningkatkan sistem imunitas dengan menghindari kebiasaan makan makanan cepat saji. Mulai menikmati makanan lezat dan bernutrisi, seperti buah segar dan sayuran, dua jenis makanan penting di pola makan sehat.

Kekurangan asupan vitamin dan mineral

Ada banyak suplemen makanan yang membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kebutuhan vitamin dan mineral yang tidak terpenuhi dapat melemahkan sistem tersebut. Pola makan sehat merupakan cara utama memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Namun, Anda juga dapat memanfaatkan ssuplemen yang mengandung Vitamin C, Vitamin D, dan Zinc untuk mendukung pola makan Anda.

Faktor-faktor di atas merupakan contoh umum gaya hidup yang buruk memengaruhi sistem imunitas tubuh. Jauhkan diri dari faktor di atas agar daya tahan tubuh tetap baik.

Referensi:

  1. How to boost your immune system, Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system
  2. How many hours of sleep are enough for good health? Answer From Eric J. Olson, M.D. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/how-many-hours-of-sleep-are-enough/faq-20057898
  3. How to prevent infections. Harvard Medical School, 2016. (Accessed 10/02/2020, at https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-prevent-infections.)
  4. (Song et al, 2019; Patel et al 2012 and Gombart et al 2020). 

Sumber:
https://www.ameritasinsight.com/wellness/health-and-wellness/lifestyle-choices-may-affect-immune-system
https://extension.sdstate.edu/boost-your-immunity-simple-lifestyle-changes
 


Cara Redoxon®
mendukung sistem
imun Anda

 

 

Tubuh Anda dilengkapi dengan sistem pertahanan alami yang kuat. Sistem imunitas tubuh memiliki berbagai cara untuk mengatasi ancaman bakteri dan virus. Ada tiga mekanisme pertahanan utama dalam sistem imunitas tubuh; perlindungan fisik (kulit dan mukosa atau selaput lendir), perlindungan seluler (sel darah putih, dan antibodi. Ragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi jaringan yang kompleks ini.

Di dunia yang serba cepat dan hadirnya makanan cepat saji maupun siap masak, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah memadai untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral dalam upaya mendukung fungsi tubuh bisa menjadi tantangan tersendiri. Kurangnya vitamin dan mineral dapat berdampak buruk pada sistem imun dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Redoxon® hadir dengan rangkaian produk vitamin C yang dirancang untuk mendukung sistem imunitas Anda.

Selengkapnya

 

Redoxon® untuk sistem imunitas yang lebih sehat

Anda perlu menjaga sistem imunitas. Meski tidak terlihat, sistem imunitas bekerja tanpa henti selama 24 jam, setiap hari. Sama seperti tanaman yang membutuhkan air dan sinar matahari, sistem imunitas membutuhkan asupan gizi secara teratur untuk mendukung sistem pertahan tubuh dan memberikan perlindungan optimal bagi tubuh.

Dibarengi dengan gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik dan nutrisi yang baik, mengonsumsi suplemen seperti Redoxon® akan menjadi fondasi untuk sistem imunitas yang kuat sepanjang tahun.

 

 

 

 

 

Ahlinya vitamin C dengan pengalaman 80 tahun

Di tahun 1934, kami menjadi pelopor suplemen vitamin C pertama di dunia, dan sejak itu terus membantu menjaga sistem pertahanan alami tubuh tetap prima selama lebih dari 80 tahun. Saat ini rangkaian suplemen inovatif kami senantiasa mendukung daya tahan tubuh Anda setiap hari.

 

Memperkuat daya tahan tubuh

Ingin memperkuat sistem imun? Yuk, telusuri dan cek artikel-artikel tentang cara mendukung sistem imunitas tubuh Anda.