Bagikan di :

Vitamin C – Manfaat, Dosis dan Cara Memilih Suplemen yang Tepat

Vitamin C adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena fungsinya yang vital dalam memelihara sel-sel tubuh. Manfaat vitamin C untuk kesehatan sendiri sangat banyak, antara lain membantu memulihkan kondisi tubuh sehabis sakit, membantu pembentukan pembuluh darah, kartilage, otot, dan kolagen pada tulang, serta melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas (1). Masalahnya adalah vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh (1) sehingga mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan ini serta suplemen vitamin C perlu dilakukan secara rutin supaya kebutuhan dapat terpenuhi.

Vitamin C sendiri dibutuhkan oleh semua kelompok usia dan jenis kelamin supaya terhindar dari beberapa gangguan kesehatan seperti imunitas yang menurun, sariawan, arthritis hingga penuaan dini (2). Namun yang perlu diingat, dosis vitamin C untuk anak pasti akan berbeda dengan orang dewasa atau ibu hamil, misalnya. Itulah sebabnya informasi lengkap seputar penggunaan, manfaat dan fungsi vitamin C bagi tubuh perlu dicermati.

Manfaat Vitamin C

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, vitamin C adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki beragam manfaat yang menunjang kesehatan. Berikut ini adalah manfaat dan fungsi vitamin C yang wajib diketahui:

  • Mengonsumsi vitamin C secara teratur dapat melindungi sel-sel tubuh dari gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh stres (2). Misalnya saja sakit kepala berkepanjangan, tubuh lesu dan lemah hingga rasa mual. Disebutkan juga bahwa vitamin C memiliki kepekaan terhadap hormon stres yang diproduksi oleh tubuh sehingga menjaga asupannya setiap hari dapat menangkal berbagai penyakit ini.
  • Vitamin C tidak bisa secara aktif dan efektif meredakan sakit flu. Akan tetapi, zat ini bisa mencegah flu semakin parah dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh sehingga komplikasi seperti pneumonia dan sakit paru-paru tidak terjadi (2).
  • Bukan vitamin A saja yang berperan dalam kesehatan penglihatan. Faktanya, vitamin C juga memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya beberapa penyakit serius pada mata seperti katarak dan degenerasi makular. Mendapatkan asupan vitamin C yang cukup melalui makanan atau suplemen setiap hari dapat menurunkan resiko mata terjangkit kondisi tersebut (3).
  • Manfaat vitamin C untuk kulit sudah dikenal sejak dulu yaitu sebagai anti-aging yang mencegah kulit cepat keriput serta melindunginya dari kekusaman. Hal ini karena vitamin C dapat menangkal radikal bebas dan efek buruk lingkungan (2) sehingga keremajaan sel-sel kulit akan lebih terpelihara dengan mendapatkan asupan nutrisi ini secara tepat setiap harinya.

Dosis Vitamin C yang Dianjurkan

Untuk bisa merasakan manfaat vitamin C untuk kulit atau kekebalan tubuh, ada dosis yang harus dipenuhi setiap harinya. Misalnya saja dosis vitamin C untuk anak hingga usia 13 tahun yang diperlukan adalah maksimal 45 miligram setiap hari (4). Sedangkan untuk pria dewasa yang berusia 19 tahun ke atas, jumlah vitamin C yang dibutuhkan akan lebih tinggi yakni 90 miligram per hari. Lain halnya dengan wanita dewasa usia 19 tahun ke atas, dosis yang dibutuhkan adalah 75 miligram per hari (4).

Namun demikian, kondisi tubuh yang berbeda akan membutuhkan jumlah vitamin C yang mungkin tak sama dengan di atas. Contohnya ketika seorang wanita sedang hamil, maka setidaknya 80 miligram vitamin C harus didapatkan dalam sehari. Mengingat fungsi vitamin C pada ibu hamil juga penting, jumlah ini tidak boleh sampai kurang. Begitu juga ketika seorang ibu sedang dalam kondisi menyusui. Vitamin C untuk ibu menyusui memiliki manfaat seperti memperkuat sistem imun dan juga memperkaya nutrisi pada air susu yang dihasilkan, sehingga dosis yang disarankan adalah 115 miligram per hari (4).

Konsumsi melebihi dosis di atas masih dianggap aman karena beberapa penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi vitamin C sebanyak 500 gram efektif untuk menjaga kesehatan tubuh bagi orang dewasa (2). Dengan batasan maksimal 2000 miligram (1, 2), vitamin C 1000mg boleh dikonsumsi terutama dalam masa penyembuhan setelah sakit, sehabis operasi operasi atau ingin mendapatkan manfaat vitamin C untuk kulit, misalnya efek mencerahkan. Manfaat vitamin C 1000 yang cukup banyak ini akhirnya membuat kehadiran suplemen vitamin C 1000 cukup menjamur juga.

Cara Memilih Suplemen Vitamin C

Kendati Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari makanan, namun terkadang suplemen vitamin C untuk daya tahan tubuh juga dibutuhkan terutama ketika sakit, dalam masa pemulihan, atau untuk memelihara kesehatan kulit. Untuk mendapatkan suplemen yang tepat, beberapa hal ini perlu diperhatikan (5):

  • Pilihlah suplemen vitamin C yang tidak bersifat asam supaya aman bagi lambung
  • Pertimbangkan suplemen vitamin C yang sudah diformulasikan untuk bertahan dalam tubuh lebih lama, bahkan hingga 24 jam. Dengan begini Anda hanya perlu mengonsumsinya satu kali sehari dan kelebihan dosis juga bisa dihindari
  • Perhatikan bahan tambahannya. Jika bahan tambahan pada suplemen berupa mineral seperti Zinc vitamin D, hal ini justru bagus. Namun, pastikan bahwa suplemen yang dipilih tidak terlalu banyak menambahkan pemanis supaya lebih sehat.

Waktu yang tepat untuk minum vitamin C adalah pada pagi hari sebelum makan, atau sesudah makan bagi yang memiliki penyakit lambung. Sebenarnya konsumsi vitamin C di malam hari juga sah-sah saja, asalkan Anda tidak memiliki masalah gangguan susah tidur (5).


Cara Redoxon®
mendukung sistem
imunitas Anda

 

 

Tubuh Anda dilengkapi dengan sistem pertahanan alami yang kuat. Sistem imunitas tubuh memiliki berbagai cara untuk mengatasi ancaman bakteri dan virus. Ada tiga mekanisme pertahanan utama dalam sistem imunitas tubuh; perlindungan fisik (kulit dan mukosa atau selaput lendir), perlindungan seluler (sel darah putih, dan antibodi. Ragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi jaringan yang kompleks ini.

Di dunia yang serba cepat dan hadirnya makanan cepat saji maupun siap masak, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah memadai untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral dalam upaya mendukung fungsi tubuh bisa menjadi tantangan tersendiri. Kurangnya vitamin dan mineral dapat berdampak buruk pada sistem imunitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Redoxon® hadir dengan rangkaian produk vitamin C yang dirancang untuk mendukung sistem imunitas Anda.

Selengkapnya

 

Redoxon® untuk sistem imunitas yang lebih sehat

Anda perlu menjaga sistem imunitas. Meski tidak terlihat, sistem imunitas bekerja tanpa henti selama 24 jam, setiap hari. Sama seperti tanaman yang membutuhkan air dan sinar matahari, sistem imunitas membutuhkan asupan gizi secara teratur untuk mendukung sistem pertahan tubuh dan memberikan perlindungan optimal bagi tubuh.

Dibarengi dengan gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik dan nutrisi yang baik, mengonsumsi suplemen seperti Redoxon® akan menjadi fondasi untuk sistem imunitas yang kuat sepanjang tahun.

 

 

 

 

 

Ahlinya vitamin C dengan pengalaman 80 tahun

Di tahun 1934, kami menjadi pelopor suplemen vitamin C pertama di dunia, dan sejak itu terus membantu menjaga sistem pertahanan alami tubuh tetap prima selama lebih dari 80 tahun. Saat ini rangkaian suplemen inovatif kami senantiasa mendukung daya tahan tubuh Anda setiap hari.

 

Memperkuat daya tahan tubuh

Ingin memperkuat sistem imunitas? Yuk, telusuri dan cek artikel-artikel tentang cara mendukung sistem imunitas tubuh Anda.