Bagikan di :

Olahraga untuk daya tahan tubuh

Jika Anda ingin memperkuat sistem imunitas tubuh agar tetap sehat dan kuat, cobalah berolahraga secara rutin. Dibarengi dengan rutinitas sehat, seperti diet seimbang, tidur cukup, menjaga berat badan, serta mengurangi stres. Ingatlah, aktif beraktivitas fisik secara berkala amat berdampak pada daya tahan tubuh dan membantu terhindar dari sakit1.

Meningkatkan keseimbangan imunitas

Anda perlu tahu, olahraga memberikan dampak luar biasa bagi daya tahan tubuh2-4. Oleh karenanya, Anda perlu berkomitmen berolahraga secara rutin. Melakukan aktivitas fisik secara moderat dapat membantu Anda terhindar dari jatuh sakit, dibandingkan tidak berolahraga sama sekali. Perlu diperhatikan, jika olahraga dilakukan secara berlebihan, hal ini dapat menurunkan respons imun, sehingga meningkatkan risiko jatuh sakit. Maka, untuk memperkuat sistem imunitas tubuh, cara terbaik adalah dengan berolahraga secara rutin.

Cara olahraga bantu menguatkan daya tahan tubuh

Aktivitas fisik membantu tingkatkan sistem imunitas dengan berbagai cara5. Ketika Anda berolahraga, antibodi untuk melawan risiko penyakit dan sel darah putih beredar lebih cepat, sehingga risiko penyakit dapat terdeteksi lebih dini. Olahraga juga membantu bakteri keluar dari paru-paru. Suhu tubuh akan memanas selama berolahraga, sehingga dapat memperlambat pertumbuhan bakteri dan memperkuat sistem imunitas tubuh melawan penyakit. Tak hanya itu, pelepasan hormon stres akan melambat ketika Anda beraktivitas fisik. Dengan begitu, risiko penyakit pun berkurang.

ibu dan anaknya berolahraga bersama

Pilih aktivitas yang Anda sukai!

Jika ingin beraktivitas fisik secara rutin, lebih baik pilih tipe aktivitas yang Anda sukai. Bila Anda sudah terbiasa melangsungkan gaya hidup yang aktif dan olahraga menjadi bagian kegiatan rutin, tetaplah berkomitmen untuk melakukannya. Tapi perlu diingat, latihan yang intensif dan terlalu keras tidak akan bantu memperkuat sistem imunitas tubuh. Cukup beraktivitas fisik secukupnya, misalnya berolahraga beberapa kali saja setiap minggu. Berikut macam-macam olahraga:

  • Jalan kaki: Mulailah dengan jalan kaki setiap hari 20 sampai 30 menit setiap hari. Jalan kaki merupakan olahraga paling mudah dilakukan. Bisa dimulai dengan langkah mudah, misalnya jalan kaki saat pergi ke kantor, mengajak anjing jalan-jalan di taman, mengobrol bareng teman sambil jalan kaki sore.
  • Bersepeda: Hampir semua kalangan menyukai aktivitas ini. Ya, bersepeda merupakan cara menyenangkan untuk berolahraga dan berkelana ke manapun. Jika kamu tinggal di kota besar dihiasi dengan kemacetan setiap hari, bersepeda menjadi alternatif efektif. Di samping itu, Anda juga lebih rileks menikmati sepanjang perjalanan ke kantor maupun pulang ke rumah. Ajak keluarga untuk jalan-jalan sambil bersepeda bisa menjadi cara seru untuk menghabiskan waktu dan berolahraga bersama.
  • Latihan kekuatan otot: Tidak harus pergi ke gym saat ingin melatih kekuatan otot. Anda bisa melakukannya di rumah, misalnya gerakan push up. Manfaatkanlah benda-benda di sekitar rumah untuk berolahraga, misalnya mengangkat botol besar berisi air sebagai latihan angkat beban, sambil duduk di bangku dapur. Latihan sederhana ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot Anda.
  • Aerobik: Ada banyak latihan aerobik yang bisa ditonton di video online. Pilih video yang dipimpin instruktur profesional dan ikuti gerakannya. Agar suasana kian meriah, ajak anggota keluarga untuk melakukannya bersama.
  • Berenang: Berenang juga kegiatan yang tak kalah seru. Anda bisa dilakukan di pantai atau kolam renang. Berenang dapat memperbaiki stamina dan kesehatan tubuh. Di samping itu, Anda juga akan lebih rileks saat melakukan olahraga air ini.
  • Sepak bola (permainan olahraga antar tim): Tak hanya menjadi alternatif menarik beraktivitas fisik, olahraga bersama tim juga mempererat pertemanan. Anda bisa mengajak tetangga atau sahabat untuk ikut bermain sepak bola atau permainan olahraga yang melibatkan tim. Pastinya, ini bakal menjadi pengalaman yang seru!
  • Main bersama anak: Anak-anak memiliki energi yang tak terbatas, ditambah lagi mereka akan senang menghabiskan waktu bersama orang tuanya. Yuk, coba sesekali ajak mereka bermain bersama, siapa tahu kegiatan ini memacu Anda beraktivitas fisik. Misalnya, main petak umpet, lempar tangkap bola, atau kejar-kejaran di taman. Kegiatan keluarga ini dijamin membuat Anda berkeringat.

Macam-macam aktivitas fisik atau olahraga di atas tentunya membuat Anda lebih berenergi dan meningkatkan kesehatan keseluruhan. Maka, tetaplah berusaha menjadikan olahraga sebagai rutinitas harian Anda. Dengan menikmati rutinitas yang menyehatkan ini, tubuh akan terasa lebih sehat!

Referensi:

  1. How to prevent infections. Harvard Medical School, 2016. (Accessed 10/02/2020, at https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-prevent-infections.)
  2. Cox AJ, Gleeson M, Pyne DB, Callister R, Hopkins WG, Fricker PA. Clinical and laboratory evaluation of upper respiratory symptoms in elite athletes. Clin J Sport Med 2008; 18:438-445.
  3. Cox AJ, Pyne DB, Saunders PU, Callister R, Gleeson M. Cytokine responses to treadmill running in healthy and illness-prone athletes. Med Sci Sport Exerc 2007; 39:1918-1926
  4. Gleeson M, McDonald W, Pyne D, Cripps A, Francis JL, Fricker P et al. Salivary IgA levels and infection risk in elite swimmers. Med Sci Sports Exerc 1999; 31:67-73
  5. Exercise and immunity https://medlineplus.gov/ency/article/007165.htm


Cara Redoxon®
mendukung sistem
imunitas Anda

 

 

Tubuh Anda dilengkapi dengan sistem pertahanan alami yang kuat. Sistem imunitas tubuh memiliki berbagai cara untuk mengatasi ancaman bakteri dan virus. Ada tiga mekanisme pertahanan utama dalam sistem imunitas tubuh; perlindungan fisik (kulit dan mukosa atau selaput lendir), perlindungan seluler (sel darah putih, dan antibodi. Ragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi jaringan yang kompleks ini.

Di dunia yang serba cepat dan hadirnya makanan cepat saji maupun siap masak, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah memadai untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral dalam upaya mendukung fungsi tubuh bisa menjadi tantangan tersendiri. Kurangnya vitamin dan mineral dapat berdampak buruk pada sistem imunitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Redoxon® hadir dengan rangkaian produk vitamin C yang dirancang untuk mendukung sistem imunitas Anda.

Selengkapnya

 

Redoxon® untuk sistem imunitas yang lebih sehat

Anda perlu menjaga sistem imunitas. Meski tidak terlihat, sistem imunitas bekerja tanpa henti selama 24 jam, setiap hari. Sama seperti tanaman yang membutuhkan air dan sinar matahari, sistem imunitas membutuhkan asupan gizi secara teratur untuk mendukung sistem pertahan tubuh dan memberikan perlindungan optimal bagi tubuh.

Dibarengi dengan gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik dan nutrisi yang baik, mengonsumsi suplemen seperti Redoxon® akan menjadi fondasi untuk sistem imunitas yang kuat sepanjang tahun.

 

 

 

 

 

Ahlinya vitamin C dengan pengalaman 80 tahun

Di tahun 1934, kami menjadi pelopor suplemen vitamin C pertama di dunia, dan sejak itu terus membantu menjaga sistem pertahanan alami tubuh tetap prima selama lebih dari 80 tahun. Saat ini rangkaian suplemen inovatif kami senantiasa mendukung daya tahan tubuh Anda setiap hari.

 

Memperkuat daya tahan tubuh

Ingin memperkuat sistem imunitas? Yuk, telusuri dan cek artikel-artikel tentang cara mendukung imun Anda.