Tips Menjaga Imun Saat Travelling Di Masa Pandemi | Redoxon

Bagikan di :

Tips Menjaga Imun Saat Travelling Di Masa Pandemi

COVID -19 bukan hanya menjadi ancaman penyakit namun juga momok yang membuat banyak orang jadi takut melakukan aktivitas di luar rumah karena kekhawatiran akan bersinggungan dengan orang lain yang tidak diketahui status kesehatannya. Dengan himbauan di rumah saja jika tidak ada keperluan mendesak, merencanakan liburan bahkan menjadi hal yang rasanya hampir mustahil. Padahal, rekreasi juga perlu dilakukan supaya tidak merasa stres dan tertekan karena bekerja dari rumah selama berbulan-bulan yang justru bisa memicu turunnya ketahanan tubuh akibat stres. 

Liburan atau travelling ketika masa pandemi sebenarnya bisa dilakukan dengan aman jika sesuai protokol kesehatan, dalam kondisi kesehatan yang bagus dan memilih tempat berlibur yang jauh dari kerumunan. Beberapa tipe liburan di masa pandemi yang bisa dicoba:

1. Menginap di hotel atau villa

Travelling atau liburan tidak harus pergi ke tempat yang banyak pengunjungnya misalnya taman hiburan atau kebun binatang karena yang penting kegiatan ini membuat pikiran jadi lebih segar dan bisa lepas dari rutinitas walau sesaat. Untuk menghindari kerumunan, liburan di hotel atau villa yang bagus dapat menjadi satu alternatif untuk dipertimbangkan (2). Hotel dengan pelayanan yang memuaskan plus kamar yang nyaman dengan desain kekinian bisa membawa kesegaran bagi fisik dan mental. 

Menghabiskan waktu di hotel atau villa bersama keluarga atau pasangan juga memberikan kesempatan untuk melakukan quality time yang semakin mendekatkan hubungan. Tapi, jangan lupa memastikan terlebih dahulu bahwa hotel tujuan melakukan protokol kesehatan yang ketat dan selalu menjaga kebersihan tempat, fasilitas serta makanannya (1).

2. Rekreasi ke pantai

Kerumunan akan lebih mungkin terjadi di tempat wisata yang mudah dijangkau atau di ruangan tertutup. Beda halnya dengan alam terbuka apalagi yang tempatnya membutuhkan waktu lebih untuk dijamah, misalnya saja pantai. Rekreasi ke pantai bisa menjadi ide travelling seru untuk dilakukan di tengah masa pandemi. Selain tidak bertemu banyak orang, kegiatan refreshing di alam bebas juga bisa membuat tubuh dan pikiran lebih segar dan sehat (2)

Merasakan hembusan angin, melihat ombak yang bergulung-gulung dan merasakan belaian lembut pasir pantai menjadikan rekreasi kali ini sangat berkesan. Yang penting, pastikan membawa hand sanitizer dan spray disinfektan untuk menjaga tangan dan benda di sekeliling bebas kuman dan bakteri.

3. Staycation di rumah kerabat

Jika masih khawatir bertemu dengan orang lain yang mungkin saja sedang tidak sehat, jenis liburan di masa pandemi lainnya yang bisa dilakukan adalah staycation atau menginap di rumah kerabat yang jarang dikunjungi (2). Tentu saja akan lebih baik untuk pergi ke sana dengan kendaraan pribadi karena tidak harus bersentuhan dengan orang lain sesama penumpang. Ide liburan ini juga lebih aman karena Anda pasti tahu riwayat kesehatan anggota keluarga tersebut sehingga kekhawatiran akan infeksi penyakit bisa ditekan. Jauh dari laptop dan pekerjaan, bernostalgia dengan cerita masa kecil dan menikmati hidangan yang dipesan dari resto sekitar akan menjadi momen menyenangkan lagi aman dan sehat.

Liburan ketika pandemi ternyata juga bisa dilakukan dengan sehat dan nyaman, bukan? Supaya lebih aman dan terhindar dari segala macam penyakit, selalu terapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menjaga kebersihan tangan hingga menghindari kerumunan baik dalam perjalanan maupun di tengah liburan. Dan supaya ketahanan tubuh lebih terjaga serta senantiasa sehat, beberapa tips berikut akan bermanfaat.

1. Istirahat yang cukup

Menjelang liburan yang menyenangkan pastikan mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Begitu pula ketika asyik travelling, jangan lupa bahwa jam tidur yang ideal menjadikan tubuh lebih berstamina dan kuat. Dengan tidur yang cukup, ketahanan tubuh meningkat.

2. Makan makanan bernutrisi

Memenuhi kebutuhan gizi saat liburan wajib hukumnya karena untuk meningkatkan sistem imun tubuh dibutuhkan berbagai nutrisi penting misalnya protein, mineral dan juga vitamin terutama vitamin C. Jika diperlukan, jangan ragu untuk meminum suplemen penambah daya tahan tubuh yang tinggi kandungan vitamin C dan zinc supaya imun tubuh terjaga dan selalu prima. Jangan kendor jaga imun saat liburan, ya.

3.  Olahraga teratur

Olahraga teratur bukan hanya membantu proses detoks yang menjadikan tubuh lebih sehat dan segar, namun juga meningkatkan imun tubuh. Pasalnya, ketika tubuh aktif bergerak, asupan oksigen ke dalam sel-sel tubuh jadi lebih lancar dan begitu pula dengan peredaran darah yang membawa nutrisi serta hormon tertentu yang dibutuhkan untuk tetap bugar. Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan selama liburan adalah jogging di pagi hari, melakukan beberapa set push up dan sit up, yoga, dan senam dengan diiringi lagu yang disuka. Dengan begini, liburan tetap jalan dan tubuh tetap kuat dan sehat.

Banyak kekhawatiran jika melakukan liburan di tengah pandemi akan membuat resiko penularan COVID-19 dan penyakit lainnya jadi lebih besar. Selama memilih tempat yang bersih dan jauh dari kerumunan, selalu menerapkan protokol kesehatan dan meningkatkan ketahanan tubuh (1), travelling tetap bisa menjadi kegiatan menyenangkan dan menyehatkan, baik secara fisik maupun mental.
 

Referensi:

  1. A Safe Vacation During The Covid 19 Pandemic diakses pada 1 Mei 2021 dari https://www.unicef.org/romania/stories/safe-vacation-during-covid-19-pandemic
  2. Ways to Use Your Vacation Time During Pandemic diakses pada 1 Mei 2021 dari https://www.aarp.org/travel/vacation-ideas/family/info-2020/ways-to-use-vacation-time-amid-pandemic.html
  3. Why Do I Keep Getting Sick All the Time diakses pada 1 Mei 2021 dari https://www.healthline.com/health/cold-flu/always-sick#sleep


Cara Redoxon®
mendukung sistem
imunitas Anda

 

 

Tubuh Anda dilengkapi dengan sistem pertahanan alami yang kuat. Sistem imunitas tubuh memiliki berbagai cara untuk mengatasi ancaman bakteri dan virus. Ada tiga mekanisme pertahanan utama dalam sistem imunitas tubuh; perlindungan fisik (kulit dan mukosa atau selaput lendir), perlindungan seluler (sel darah putih, dan antibodi. Ragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi jaringan yang kompleks ini.

Di dunia yang serba cepat dan hadirnya makanan cepat saji maupun siap masak, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah memadai untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral dalam upaya mendukung fungsi tubuh bisa menjadi tantangan tersendiri. Kurangnya vitamin dan mineral dapat berdampak buruk pada sistem imunitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Redoxon® hadir dengan rangkaian produk vitamin C yang dirancang untuk mendukung sistem imunitas Anda.

Selengkapnya

 

Redoxon® untuk sistem imunitas yang lebih sehat

Anda perlu menjaga sistem imunitas. Meski tidak terlihat, sistem imunitas bekerja tanpa henti selama 24 jam, setiap hari. Sama seperti tanaman yang membutuhkan air dan sinar matahari, sistem imunitas membutuhkan asupan gizi secara teratur untuk mendukung sistem pertahan tubuh dan memberikan perlindungan optimal bagi tubuh.

Dibarengi dengan gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik dan nutrisi yang baik, mengonsumsi suplemen seperti Redoxon® akan menjadi fondasi untuk sistem imunitas yang kuat sepanjang tahun.

 

 

 

 

 

Ahlinya vitamin C dengan pengalaman 80 tahun

Di tahun 1934, kami menjadi pelopor suplemen vitamin C pertama di dunia, dan sejak itu terus membantu menjaga sistem pertahanan alami tubuh tetap prima selama lebih dari 80 tahun. Saat ini rangkaian suplemen inovatif kami senantiasa mendukung daya tahan tubuh Anda setiap hari.

 

Memperkuat daya tahan tubuh

Ingin memperkuat sistem imunitas? Yuk, telusuri dan cek artikel-artikel tentang cara mendukung sistem imunitas tubuh Anda.