Manfaat Vitamin C untuk Wajah | Redoxon

Bagikan di :

Manfaat Vitamin C untuk Wajah

Setiap harinya, kulit kita dihadapkan pada sejumlah tantangan, seperti paparan pada polusi, penuaan kulit karena usia, serta efek samping penggunaan bahan kimia dari produk yang dipakai sehari-hari sehingga memperburuk kondisi kulit (1). Tentunya hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sejumlah orang, karena dapat mempercepat proses penuaan kulit atau yang sering disebut dengan penuaan dini.

Namun, jangan khawatir sudah ada banyak penelitian menunjukan bahwa penggunaan vitamin C secara teratur dapat mencegah penuaan dini dan menjaga agar kulit wajah tetap sehat. Yuk kita simak apa saja manfaat vitamin C untuk wajah.

Manfaat Vitamin C untuk Wajah sebagai Pencegahan

1. Mencegah kerutan

Untuk mencegah penuaan dini pada kulit, sebaiknya mulai perhatikan faktor yang mempercepat penuaan dini seperti rokok dan paparan sinar matahari. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa perawatan wajah yang menggunakan vitamin C dapat mengurangi munculnya kerutan dan hasilnya dapat terlihat setelah 3 bulan (1)

2. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan senyawa yang dapat membuat kulit kusam. Untungnya, vitamin C dapat menghambat bahkan menghilangkan radikal bebas yang biasa ditemukan dalam polutan lingkungan dan paparan dari radiasi sinar UV. Antioksidan dalam vitamin C dapat membantu mempertahankan kulit wajah dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV (2)

3. Membantu produksi kolagen

Kolagen merupakan protein alami dalam kulit yang memiliki peran besar dalam menjaga elastisitas kulit. Sayangnya, semakin Anda menua, semakin berkurang juga produksi kolagen dalam tubuh. Penelitian telah membuktikan apabila orang yang rutin mengkonsumsi vitamin C memiliki produksi kolagen yang lebih banyak dan menjadikan kulit lebih kencang (3)

Manfaat Vitamin C untuk Wajah sebagai Perawatan

1. Mempercepat pembentukan sel

Selain meminimalkan kemerahan, vitamin C mempercepat pergantian sel. Ini artinya, vitamin C berperan dalam proses regenerasi sel, menggantikan sel yang rusak dengan sel-sel baru yang lebih sehat (2).

2. Menghilangkan bekas luka seperti bekas jerawat

Salah satu manfaat vitamin C untuk wajah adalah untuk mempercepat penyembuhan luka. Anda bisa mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, meminum suplemen tertentu, atau mengaplikasikan serum vitamin C langsung ke kulit wajah Anda (1). Bahkan dalam sebuah penelitian yang melibatkan 80 orang, vitamin C terbukti efektif dalam menghilangkan bekas luka (2).

3. Mengatasi kemerahan

Paparan kulit terhadap sinar radiasi UV dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar dan kemerahan. Penelitian telah membuktikan jika vitamin C dapat mengobati berbagai macam kondisi kulit, salah satunya adalah inflamasi atau kemerahan. Dengan cara kerja vitamin C yang mampu meminimalkan kemerahan akan membuat warna kulit menjadi lebih merata (1).

4. Mencerahkan kulit

Apabila kulit Anda kusam, maka jangan lewatkan manfaat vitamin C untuk wajah yang satu ini. Vitamin C berperan besar dalam menghaluskan permukaan kulit untuk merawat kulit yang kusam dan menjadikannya lebih bersinar (3).

5. Meratakan warna kulit

Vitamin C terbukti dapat memudarkan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi terjadi ketika ada bagian kulit tertentu yang memiliki warna yang lebih gelap daripada yang seharusnya, seperti bekas jerawat, bintik matahari atau sun spots, bintik pada wajah yang disebabkan penuaan kulit (2).

6. Mengurangi mata panda

Jika anda sering begadang di malam hari, vitamin C ternyata juga memiliki kelebihan dalam mengurangi lingkaran gelap pada bagian bawah mata (3). Karena keunggulannya yang dapat meningkatkan jumlah kolagen, Vitamin C sudah teruji untuk membantu menyamarkan mata panda (4).

Sumber Vitamin C untuk Wajah

Seperti yang kita ketahui, ada banyak manfaat vitamin C untuk wajah, dan tentunya ada berbagai cara untuk mendapatkan vitamin C. Selain mengonsumsi makanan seperti buah dan sayur yang mengandung vitamin C, Anda dapat mendapatkan vitamin ini dari beberapa hal seperti:

1. Serum vitamin C

Serum vitamin C biasanya disediakan dalam botol kecil dengan kandungan bahan yang kaya akan manfaat. Namun sayangnya, bahan yang kuat seperti serum vitamin c dapat mengiritasi kulit sensitif, seperti yang dijelaskan oleh Dr Asgari dari Harvard Medical School (5).

Beberapa gejala iritasi karena serum vitamin C adalah (6):

  • Gatal-gatal pada wajah
  • Muncul kemerahan
  • Kulit terasa terbakar atau seperti ditusuk-tusuk

Jika Anda merasakan salah satu gejala di atas, atasi dengan mencuci wajah agar dapat menghilangkan serumnya dan segera hubungi dokter kulit untuk pengobatan lebih lanjut.

2. Suntik Vitamin C

Sudah bukan rahasia umum jika manfaat vitamin C untuk kulit salah satunya adalah mencerahkan warna kulit, dan banyak orang yang berharap pada hasil instan dengan cara ini. Hanya saja, Anda harus tetap berhati-hati jika sedang mempertimbangkan untuk melakukan suntik vitamin C. Beberapa efek samping yang dapat terjadi di antaranya adalah (6):

  • Perut terasa mual
  • Nyeri di bekas suntikan
  • Infeksi di bekas suntikan

Jika Anda memiliki penyakit ginjal, suntik vitamin C dapat menyebabkan kerusakan ginjal
Suntikan vitamin C juga meningkatkan potensi terkena batu ginjal

Cara Memperoleh Vitamin C yang Aman

Vitamin C memang memiliki banyak khasiat, namun Anda perlu waspada terhadap potensi lain yang justru dapat memperburuk kulit wajah atau bahkan tubuh Anda. Misalnya, jika saat ini Anda berpikir untuk mendapatkan vitamin C melalui suntikan, bicarakan dengan dokter Anda tentang risikonya.

Untuk mendapatkan vitamin C yang cukup, Anda harus mampu mengonsumsi banyak buah dan sayuran setiap hari. Namun, terkadang hal ini sulit diterapkan bagi Anda yang memiliki aktivitas serta mobilitas yang tinggi. Jika Anda tidak sempat mengonsumsi real food yang mengandung vitamin C, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi Vitamin C dalam bentuk suplemen makanan yang sudah diformulasikan secara khusus agar mudah terserap oleh tubuh (8).

Selain itu, perhatikan juga dosis Vitamin C yang tepat. Jumlah harian maksimum yang dianggap aman adalah 2000 mg untuk usia 19 tahun ke atas (9). Oleh karena itu, pilih suplemen yang aman dan sesuai dengan kebutuhan harian Anda.

Dengan rutin mengonsumsi vitamin C tidak hanya akan membuat kulit wajah Anda sehat dan awet muda, namun juga dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Referensi:

  1. Juliet M Pullar, Anitra C Carr, Margreet C. M Vissers. The Roles of Vitamin C in Skin Health. ncbi.nlm.nih.gov. Diakses pada 15 September 2021 dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5579659/
  2. Web MD Team. The Benefits of Vitamin C for Your Skin. WebMD.com. Diakses pada 15 September 2021 dari https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-benefits-of-vitamin-c-for-skin 
  3. Annie Doyle. 11 Reasons to Add Vitamin C Serum to Your Skin Care Routine. Healthline.com. Diakses pada 15 September 2021 dari https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/vitamin-c-serum-benefits#collagen
  4. Hiroshi Oshima, Koji Mizukoshi, Midori Oyobikawa. Effects on Vitamin C on Dark Circles of the Lower Eyelids: Quantitative Evaluation Using Image Analysis and Echogram. pubmed.ncbi.nlm.nih.gov. Diakses pada 15 September 2021 dari https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19626722/ 
  5. Harvard Health Publishing. Skin Serum: What It Can’t Do. health.harvard.edu. Diakses pada 15 September 2021 dari https://www.health.harvard.edu/blog/skin-serum-what-it-can-and-cant-do-2018061214029
  6. Rachell Nall. Top 3 Benefits of Vitamin C Serum. Medicalnewstoday.com. Diakses pada 15 September 2021 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/325801#side-effects
  7. Alan Carter Pharm. Vitamin C Injection: Benefits and Risks. Diakses pada 15 September 2021 dari https://www.healthline.com/health/vitamin-c-injection#benefits
  8. Kathleen M Zelman. The Benefits of Vitamin C. WebMD.com. Diakses pada 15 September 2021 dari https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c#1 
  9. Eva Dasher. Vitamin C During Pregnancy. Babycenter.com. Diakses pada 15 September 2021 dari https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/vitamin-c-in-your-pregnancy-diet_660