Bagikan di :

Tabel Kebutuhan Gizi Berdasarkan Usia Anak

Jika di masa prasekolah sebelumnya, si Kecil termasuk picky eater yang sering pilih-pilih makanan, sekarang Moms bisa mulai mencoba mengubah cara pandangnya. Pasalnya, di usia SD saat kegiatannya lebih banyak, anak akan memiliki kebutuhan gizi yang juga meningkat.

Memberikan menu makanan pun tidak bisa sembarangan. Anak usia sekolah masih membutuhkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Agar tidak kekurangan gizi dan tumbuh kembangnya bisa berjalan dengan baik, yuk simak tabel kebutuhan gizi berdasarkan usia anak di bawah ini.

Apa Itu Angka Kecukupan Gizi (AKG) Anak?

Angka Kecukupan Gizi (AKG) adalah standar kebutuhan rata-rata zat gizi harian (seperti karbohidrat, protein, lemak, serat dan vitamin) mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang sudah sesuai dengan standar ahli gizi dan ditentukan melalui Peraturan Menteri Kesehatan RI. Angka ini berbeda-beda sesuai dengan jenis kelamin dan rentang usia karena setiap kelompok umur memiliki tingkat aktivitas yang berbeda (1).

Apa Pentingnya Kebutuhan Gizi Pada Anak?

Pada dasarnya, semua anak-anak membutuhkan nutrisi yang cukup dari makanan sehat untuk mendukung tumbuh kembangnya. Asupan seperti energi, protein, lemak dan karbohidrat merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan si Kecil. Indikator pertumbuhan ini di antaranya adalah tinggi badan, berat badan, serta ukuran tulang dan gigi (2).

Asupan energi yang diperoleh tubuh berasal dari makanan yang dikonsumsi setiap hari, dan energi dibutuhkan sebagai bahan bakar untuk mendukung metabolisme serta aktivitas fisik sehari-hari. Apabila asupan makanan kurang namun aktivitas tinggi, maka anak bisa menjadi kurus (2).

Tabel Kebutuhan Gizi Berdasarkan Usia Anak

  1. Kebutuhan Gizi Anak Sekolah Usia 6 Tahun
    Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan dari Kementerian Kesehatan RI, berikut rincian tabel kebutuhan gizi berdasarkan usia anak sekolah (6 tahun) (1):
     
    tabel-kebutuhan-zat gizi-1
    *mcg = mikrogram, mg = miligram
  2. Kebutuhan Gizi Anak Sekolah Usia 7-9 Tahun
    Berdasarkan AKG dari Kementerian Kesehatan RI, berikut rincian kebutuhan gizi anak sekolah usia 7-9 tahun yang terbagi menjadi mikro dan makro (1):
     
    tabel-kebutuhan-zat_gizi-2-v1.jpg
    *mcg = mikrogram, mg = miligram
isi-piringku-v1.png

Contoh Menu Harian Untuk Memenuhi Gizi Anak

Apabila orang dewasa membutuhkan setidaknya sekitar 2.000 kalori/hari, kebutuhan kalori anak-anak di usia sekolah berkisar antara 1.400 hingga 2.200 kalori, tergantung pada tingkat kepadatan aktivitas mereka (3). Jika berdasarkan AKG, jumlah kalori yang disarankan adalah 1800 kalori/hari untuk anak 7-9 tahun dan 2200 kalori/hari untuk usia 10-12 tahun (4):

Makan pagi (Sarapan): Waktu sarapan bisa dilakukan mulai dari jam 7-9 pagi. Porsi menu sarapan disarankan tidak terlalu banyak, dengan rekomendasi menunya adalah sebagai berikut (1):

  • Karbohidrat, nasi putih atau nasi goreng (220 gram).
  • Sumber protein, misalnya telur goreng (50-70 gram).
  • Irisan sayur, buah seperti tomat atau apel (30 gram).
  • Untuk mengawali harinya, berikan juga suplemen vitamin C 200mg yang berbentuk tablet kunyah untuk memudahkan si Kecil dalam mengonsumsinya, Moms bisa memberikannya setelah makan.

Camilan: Moms bisa memberikan camilan sehat untuk si Kecil yang berperan sebagai pengganjal perut sebelum waktu makan tiba (3):

  • 1/2 buah jeruk atau apel.

Makan Siang: Biasanya berkisar di jam 12-2 siang penting untuk mengembalikan energi si Kecil yang hilang setelah beraktivitas sejak pagi hari (3).

  • 1 piring nasi putih (220-300 gram).
  • Asupan protein seperti ayam goreng (60 gram).
  • 1 mangkuk sayur ukuran sedang (60 gram), misalnya tumis kangkung.
  • Moms juga bisa berikan suplemen vitamin C 200mg untuk si Kecil setelah makan.

Makan Malam (3)

  • 1 piring nasi putih (220-300 gram).
  • 1-2 potong ikan (45-75 gram).
  • 1 mangkuk sup sayur ukuran sedang (60 gram)
  • 1 tablet suplemen yang mengandung vitamin C 200mg untuk si Kecil sehabis makan.

Itulah penjelasan mengenai tabel kebutuhan gizi berdasarkan usia anak yang perlu Moms ketahui agar si Kecil tetap hidup sehat dan terhindar dari dampak daya tahan tubuh yang lemah dan berbagai gangguan kesehatan tubuh lainnya. Apabila diperlukan, berikan secara rutin suplemen vitamin C 200mg agar daya tahan tubuh si Kecil tetap optimal ya, Moms!
 

CH-20220921-06


Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:

  1. Menteri Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 28 tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia.
  2. Dida Akhmad Gurnida, dkk. Korelasi Antara Tingkat Kecukupan Gizi dengan Indeks Massa Tubuh Siswa Sekolah Dasar Kelas 4, 5 dan 6. Padjadjaran Journal of Dental Researcher and Student. Diakses pada 31 Agustus dari http://journal.unpad.ac.id/pjdrs/article/view/25763/13261.
  3. Andy Bellati, MS, RD. Healthy Meal Plans for Kids. Healthline. Diakses pada 31 Agustus.
  4. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Tabel Angka Kecukupan Gizi Rata-Rata yang Dianjurkan untuk Anak Umur 7-12 Tahun. Kementerian Kesehatan RI. Diakses pada 31 Agustus dari http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic/tabel-angka-kecukupan-gizi-rata-rata-yang-dianjurkan-per-orang-per-hari-untuk-anak-umur-7-12-tahun.


Cara Redoxon®
mendukung sistem
imunitas Anda

 

 

Tubuh Anda dilengkapi dengan sistem pertahanan alami yang kuat. Sistem imunitas tubuh memiliki berbagai cara untuk mengatasi ancaman bakteri dan virus. Ada tiga mekanisme pertahanan utama dalam sistem imunitas tubuh; perlindungan fisik (kulit dan mukosa atau selaput lendir), perlindungan seluler (sel darah putih, dan antibodi. Ragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi jaringan yang kompleks ini.

Di dunia yang serba cepat dan hadirnya makanan cepat saji maupun siap masak, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah memadai untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral dalam upaya mendukung fungsi tubuh bisa menjadi tantangan tersendiri. Kurangnya vitamin dan mineral dapat berdampak buruk pada sistem imunitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Redoxon® hadir dengan rangkaian produk vitamin C yang dirancang untuk mendukung sistem imunitas Anda.

Selengkapnya

 

Redoxon® untuk sistem imunitas yang lebih sehat

Anda perlu menjaga sistem imunitas. Meski tidak terlihat, sistem imunitas bekerja tanpa henti selama 24 jam, setiap hari. Sama seperti tanaman yang membutuhkan air dan sinar matahari, sistem imunitas membutuhkan asupan gizi secara teratur untuk mendukung sistem pertahan tubuh dan memberikan perlindungan optimal bagi tubuh.

Dibarengi dengan gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik dan nutrisi yang baik, mengonsumsi suplemen seperti Redoxon® akan menjadi fondasi untuk sistem imunitas yang kuat sepanjang tahun.

 

 

 

 

 

Ahlinya vitamin C dengan pengalaman 80 tahun

Di tahun 1934, kami menjadi pelopor suplemen vitamin C pertama di dunia, dan sejak itu terus membantu menjaga sistem pertahanan alami tubuh tetap prima selama lebih dari 80 tahun. Saat ini rangkaian suplemen inovatif kami senantiasa mendukung daya tahan tubuh Anda setiap hari.

 

Memperkuat daya tahan tubuh

Ingin memperkuat sistem imunitas? Yuk, telusuri dan cek artikel-artikel tentang cara mendukung sistem imunitas tubuh Anda.