Bagikan di :

Mengupas semua yang perlu diketahui tentang pilek dan flu

Demam, sakit dan nyeri, bersin, hidung tersumbat, batuk - kita semua pernah mengalaminya. Biasanya disebabkan oleh pilek atau flu. Faktanya, pilek merupakan penyakit manusia paling umum 1, dan virus flu (influenza) tercatat antara 3 sampai 5 juta kasus parah setiap tahunnya 2.  

Sistem imunitas lawan pilek dan flu

Begitu sebuah infeksi terdeteksi, sistem imunitas yang kuat akan meningkatkan pertahanannya untuk melawan patogen (mikroorganisme menular). Demam merupakan cara melawan infeksi dengan cara meningkatkan suhu tubuh. Fungsi sistem imunitas yang sehat dapat membantu mempercepat pemulihan dan mencegah terjadi komplikasi pernapasan pasca-virus 3.

Menghindari pilek dan flu

Mengingat untuk menghindari pilek dan virus flu akan lebih sulit pada musim hujan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mengurangi risiko dari infeksi.

ibu dan putrinya sedang berolahraga dan melakukan peregangan bersama
  • Pola makan sehat Bukan rahasia lagi bahwa pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk kesehatan serta merupakan salah satu obat flu, batuk dan pilek yang selalu dianjurkan.Nutrisi yang tepat berhubungan dengan sistem imun Anda 4. Pola makan seimbang harus mencakup buah dan sayuran hijau, roti dan sereal gandum utuh, susu dan olahannya yang cukup, serta daging dan ikan dalam jumlah kecil.

  • Vitamin dan mineral:dengan pola makan sehat dan seimbang, tubuh akan mendapat kadar vitamin dan mineral penting yang memadai untuk meningkatkan imunitas. Namun asupannya dapat ditambah melalui suplemen vitamin dan mineral yang mengandung Vitamin C, Vitamin D, dan Zinc untuk memastikan tubuh mendapat semua yang dibutuhkan untuk menjaga sistem imunitas yang sehat dan kuat5.

  • Vaksinasi: Semua orang yang telah berusia lebih dari enam bulan bisa mendapat vaksin flu setiap tahun 3. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum vaksinasi apabila memiliki alergi atau kondisi kesehatan lain.

  • Menjaga kebersihan diri: Kunci dalam menghindari penyakit adalah dengan mengurangi paparan kuman, jadi menerapkan kebiasaan bersih sangatlah penting ketika ingin mencoba untuk tetap sehat. Anda perlu selalu mencuci tangan dengan menyeluruh sebelum menyentuh atau menyiapkan makanan, memakai lensa kontak, atau aktivitas lain yang mengharuskan Anda menyentuh mata, wajah, atau mulut.

  • Selalu bawa dan gunakan peralatan pribadi: Satu saja orang yang sakit flu dapat menularkan virusnya ke seluruh anggota keluarga, atau sekelompok rekan kerja 3. Hal ini dikarenakan virus flu dapat bertahan hingga 24 jam pada sebagian besar permukaan, memberinya banyak waktu untuk menular pada beberapa orang. Jangan meminjamkan barang pribadi, seperti sikat gigi, handuk, pakaian, alat makan, atau gelas.

  • Berolahraga: Olahraga teratur membantu sistem imunitas tetap sehat 3 dan mengurangi stres, peradangan, serta menjaga sel darah putih bekerja untuk membantu sistem imunitas melawan infeksi.

  • Santai dan tidur nyenyak: Terdapat hubungan antara stres yang berkepanjangan dan penyakit fisik3. Itu lah mengapa menghindari stres mendukung sistem imunitas dan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Apa yang bisa dilakukan ketika menderita pilek dan flu?

Dokter akan selalu merekomendasikan perawatan dan obat flu, batuk dan pilek terbaik. Namun terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan sendiri untuk meringankan gejala ketika tubuh sedang melawan penyakit.  

  • Diam di rumah dan istirahat yang banyak. Biarkan sistem imunitas bekerja dan hindari menyebarkan virus pada rekan kerja atau teman lainnya.
  • Tetap terhidrasi. Anda dapat minum air putih, jus buah, sup ayam atau bahkan minuman berelektrolit. Tubuh memerlukan cairan untuk menghindari terjadi sumbatan di area sinus dan paru.
  • Tingkatkan kelembapan. Vaporizer dan alat pelembap udara dapat digunakan untuk membantu meredakan penyumbatan jika udara dalam rumah kering.

 

Referensi:

1. Eccles, Ronald; Weber, Olaf (2009). Common cold. Basel: Birkhäuser. p. 3. ISBN 978-3-7643-9894-1. Archived from the original on 8 May 2016.

2. Nguyen HH et al, What is the global incidence of influenza?
https://www.medscape.com/answers/219557-3459/what-is-the-global-incidence-ofinfluenza#:~:text=The%20duration%20and%20severity%20of,about%20250%2C000%20to%20500%2C000%20deaths.

3. How to prevent infections. Harvard Medical School, 2016. (Accessed 10/02/2020, at https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-prevent-infections.)

4. Gombart AF, Pierre A, Maggini S. A Review of Micronutrients and the Immune System-Working in Harmony to Reduce the Risk of Infection. Nutrients 2020;12.

5. https://www.cdc.gov/flu/prevent/vaccinations.htm


Cara Redoxon®
mendukung sistem
imunitas Anda

 

 

Tubuh Anda dilengkapi dengan sistem pertahanan alami yang kuat. Sistem imunitas tubuh memiliki berbagai cara untuk mengatasi ancaman bakteri dan virus. Ada tiga mekanisme pertahanan utama dalam sistem imunitas tubuh; perlindungan fisik (kulit dan mukosa atau selaput lendir), perlindungan seluler (sel darah putih, dan antibodi. Ragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi jaringan yang kompleks ini.

Di dunia yang serba cepat dan hadirnya makanan cepat saji maupun siap masak, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah memadai untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral dalam upaya mendukung fungsi tubuh bisa menjadi tantangan tersendiri. Kurangnya vitamin dan mineral dapat berdampak buruk pada sistem imunitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Redoxon® hadir dengan rangkaian produk vitamin C yang dirancang untuk mendukung sistem imunitas Anda.

Selengkapnya

 

Redoxon® untuk sistem imunitas yang lebih sehat

Anda perlu menjaga sistem imunitas. Meski tidak terlihat, sistem imunitas bekerja tanpa henti selama 24 jam, setiap hari. Sama seperti tanaman yang membutuhkan air dan sinar matahari, sistem imunitas membutuhkan asupan gizi secara teratur untuk mendukung sistem pertahan tubuh dan memberikan perlindungan optimal bagi tubuh.

Dibarengi dengan gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik dan nutrisi yang baik, mengonsumsi suplemen seperti Redoxon® akan menjadi fondasi untuk sistem imunitas yang kuat sepanjang tahun.

 

 

 

 

 

Ahlinya vitamin C dengan pengalaman 80 tahun

Di tahun 1934, kami menjadi pelopor suplemen vitamin C pertama di dunia, dan sejak itu terus membantu menjaga sistem pertahanan alami tubuh tetap prima selama lebih dari 80 tahun. Saat ini rangkaian suplemen inovatif kami senantiasa mendukung daya tahan tubuh Anda setiap hari.

 

Memperkuat daya tahan tubuh

Ingin memperkuat sistem imunitas? Yuk, telusuri dan cek artikel-artikel tentang cara mendukung sistem imunitas tubuh Anda.