Bagikan di :

Manfaat Vitamin C untuk Anak

Masa pertumbuhan Si Kecil merupakan momen penting yang tidak ingin dilewatkan orang tua. Tentunya, semua orang tua menginginkan anaknya tumbuh dengan sehat. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan Si Kecil yaitu dengan meningkatkan kekebalan tubuhnya dengan mencukupi kebutuhan Vitamin C. Namun, apa saja manfaat Vitamin C untuk anak selain untuk menjaga daya tahan tubuh dan berapa dosis harian yang tepat? Mari simak penjelasan berikut.

Apa Itu Vitamin C?

Vitamin  C  merupakan mikronutrien  dan  vitamin yang  larut  dalam  air  yang penting  untuk kehidupan  serta  untuk  menjaga  kesehatan. Vitamin  C  juga  dikenal  dengan  nama  kimia dari  bentuk  utamanya  yaitu  asam  askorbat. Vitamin  C  bermanfaat  untuk mempertahankan metabolisme tubuh normal, pemeliharaan jaringan ikat antar sel, tulang, gigi dan pembentukan kolagen. Tubuh anak - anak maupun orang dewasa tidak dapat membentuk vitamin C dengan sendirinya. Oleh  sebab  itu,  untuk  mencukupi  kebutuhan vitamin C, Si Kecil perlu  mengkonsumsi vitamin  C  baik  dari  makanan,  minuman maupun suplemen (1,2).

Manfaat Vitamin C untuk Anak

Ada banyak manfaat vitamin C untuk anak, di antaranya adalah:

  • Vitamin C sebagai antioksidan
    Vitamin C bekerja sebagai zat antioksidan di dalam tubuh yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Komponen radikal bebas dapat terbentuk dari paparan zat-zat kimia berbahaya di lingkungan seperti asap rokok, sinar ultraviolet, dan polusi udara. Bisa dibilang bahwa manfaat vitamin C untuk anak yang satu ini adalah untuk menetralisir radikal bebas dengan mengurangi kadarnya serta menangkal dampaknya bagi sel-sel di dalam tubuh (1,3).
  • Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh
    Manfaat Vitamin C yang satu ini sudah bukan rahasia umum. Vitamin C berperan dalam proses pembentukan kolagen yang berperan pada pembentukan jaringan kulit sebagai bentuk pertahanan awal tubuh terhadap kuman. Vitamin C juga menstimulasi pembentukan sel - sel imun tubuh guna melindungi tubuh dari infeksi kuman penyebab penyakit seperti virus, bakteri, parasit, dan jamur (4).
  • Vitamin C membantu proses penyembuhan luka dan menjaga kesehatan tulang
    Tubuh kita membutuhkan vitamin C untuk pembentukan kolagen. Kolagen inilah yang berperan dalam memelihara jaringan (kulit, tulang, gigi, sendi, otot) dan membantu proses penyembuhan luka, serta menjaga kesehatan tulang, otot, gigi, serta gusi. Dengan memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian pada anak, pertumbuhan dan perkembangan tulang serta giginya akan berjalan optimal (4).

Selain itu, vitamin C juga meningkatkan penyerapan zat besi guna mencegah terjadinya anemia pada Si Kecil 3.

Berapa Dosis Vitamin C yang dibutuhkan Anak-Anak?

Agar manfaat vitamin C untuk anak bisa didapatkan untuk mendukung tumbuh kembangnya, maka jumlah asupan yang dibutuhkan setiap harinya harus sesuai dengan tahapan usia si Kecil. Jumlah rata-rata harian yang direkomendasikan untuk berbagai usia tercantum di bawah ini dalam miligram (mg) 2.

Usia

Dosis

Batas maksimal

1 - 3 tahun

15 mg

400 mg

4 - 8 tahun

25 mg

650 mg

9 - 13 tahun

45 mg

1200 mg

14 - 18 tahun

65 - 75 mg

1800 mg


Kekurangan Vitamin C pada Anak

Meskipun Vitamin C dapat dengan mudah ditemukan dari berbagai sumber makanan, namun kekurangan Vitamin C pada anak bisa saja terjadi. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memantau tumbuh kembang termasuk kesehatan Si Kecil. Kekurangan Vitamin C dalam jangka panjang pada anak disebut juga dengan scurvy. Beberapa gejala akibat kekurangan Vitamin C pada anak yaitu: 

  • Gejala umum: anak menjadi rewel, menurunnya nafsu makan, demam, anemia.
  • Bagian kulit: terdapat bintik merah (petechiae), penyembuhan luka yang lama, rambut mudah rontok.
  • Gigi dan gusi: gusi bengkak, perdarahan gusi hingga tanggalnya gigi.
  • Tulang dan otot: gangguan pertumbuhan tulang, bengkak pada kaki, sendi bengkak, nyeri sendi dan otot 2.

Sumber Vitamin C

Setelah mengetahui berbagai manfaat vitamin C untuk anak dan risiko kekurangannya di atas, penting bagi kita untuk memperhatikan di mana saja vitamin ini dapat ditemukan. Pada umumnya, semua buah dan sayuran mengandung vitamin C dengan kadar yang beragam. Beberapa sumber Vitamin C  terbaik adalah: 

Tabel 1. Sumber Vitamin C5

tabel-sumber vitamin-C

Vitamin C merupakan nutrisi penting yang memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Maka dari itu, orang tua perlu memastikan tumbuh kembang anak berjalan optimal dengan melengkapi kebutuhan nutrisinya. Salah satunya dengan rutin memberikan suplemen Vitamin C 200 mg agar kebutuhan asupan Vitamin C si Kecil terpenuhi setiap harinya terutama di musim pandemi Covid-19 seperti ini. 

CH-20220307-30

Artikel ini ditulis oleh:
dr. Reza Dirgahayu Putri

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:

  1. Pakaya D. Peranan Vitamin C pada Kulit. Jurnal Kedokteran Indonesia. 2014 ; 1 (2) : 45-54. 
  2. Agarwal A, et al. Scurvy in Pediatric Age Group A Disease Often Forgotten. Journal of Clinical Orthopedics and Trauma. 2015 : 6 ; 101 - 107.
  3. National Institutes of Health. Vitamin C Fact Sheet. 2019.
  4. Maggini S, Wenzlaff S, Hornig D. Essential Role of Vitamin C and Zinc in Child Immunity and Health. J Int Med Res. 2010; 38: 386- 392. 
  5. Amanda K, et al. Vitamin C  : Overview and Update. Journal of Evidence Based Complementary & Alternative Medicine. 2011 ; 16 (1) : 49 - 57.


Cara Redoxon®
mendukung sistem
imunitas Anda

 

 

Tubuh Anda dilengkapi dengan sistem pertahanan alami yang kuat. Sistem imunitas tubuh memiliki berbagai cara untuk mengatasi ancaman bakteri dan virus. Ada tiga mekanisme pertahanan utama dalam sistem imunitas tubuh; perlindungan fisik (kulit dan mukosa atau selaput lendir), perlindungan seluler (sel darah putih, dan antibodi. Ragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi jaringan yang kompleks ini.

Di dunia yang serba cepat dan hadirnya makanan cepat saji maupun siap masak, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah memadai untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral dalam upaya mendukung fungsi tubuh bisa menjadi tantangan tersendiri. Kurangnya vitamin dan mineral dapat berdampak buruk pada sistem imunitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Redoxon® hadir dengan rangkaian produk vitamin C yang dirancang untuk mendukung sistem imunitas Anda.

Selengkapnya

 

Redoxon® untuk sistem imunitas yang lebih sehat

Anda perlu menjaga sistem imunitas. Meski tidak terlihat, sistem imunitas bekerja tanpa henti selama 24 jam, setiap hari. Sama seperti tanaman yang membutuhkan air dan sinar matahari, sistem imunitas membutuhkan asupan gizi secara teratur untuk mendukung sistem pertahan tubuh dan memberikan perlindungan optimal bagi tubuh.

Dibarengi dengan gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik dan nutrisi yang baik, mengonsumsi suplemen seperti Redoxon® akan menjadi fondasi untuk sistem imunitas yang kuat sepanjang tahun.

 

 

 

 

 

Ahlinya vitamin C dengan pengalaman 80 tahun

Di tahun 1934, kami menjadi pelopor suplemen vitamin C pertama di dunia, dan sejak itu terus membantu menjaga sistem pertahanan alami tubuh tetap prima selama lebih dari 80 tahun. Saat ini rangkaian suplemen inovatif kami senantiasa mendukung daya tahan tubuh Anda setiap hari.

 

Memperkuat daya tahan tubuh

Ingin memperkuat sistem imunitas? Yuk, telusuri dan cek artikel-artikel tentang cara mendukung sistem imunitas tubuh Anda.