Bagikan di :

Aturan Minum Vitamin C Yang Benar, Sudah Tahu Belum?

Siapa yang tidak kenal vitamin C? Mengonsumsi suplemen vitamin C baik bagi orang dewasa maupun anak-anak sangat berguna untuk membantu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh secara menyeluruh. Faktanya, meminum suplemen vitamin C secara rutin terbukti dapat membantu mencegah penyakit, dan kekurangan vitamin C bisa membuat tubuh kita menjadi lebih rentan terhadap infeksi (1)

Namun, bagaimana sebenarnya aturan minum vitamin C yang benar? Dan kira-kira, berapa jumlah takaran dosis vitamin C yang aman untuk diminum setiap hari? Yuk, kita sama-sama mempelajari kapan jadwal minum vitamin, berapa jumlah dosis yang tepat dan cara minum vitamin C yang benar di bawah ini.

Waktu Terbaik dan Aturan Minum Vitamin C

Vitamin C yang juga disebut sebagai asam askorbat bukan hanya bisa membantu memperkuat sistem imun kita, namun juga penting untuk membantu produksi kolagen, mempercepat penyembuhan luka, dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari bahaya radikal bebas (1).

  1. Diminum sebelum makan
    • Tahukah kamu, kalau vitamin C dapat larut dalam air dengan mudah? (1) Kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin C di pagi hari atau sebelum makan, selama tubuhmu memiliki toleransi yang baik. Meminum vitamin sebelum makan membuat tubuhmu mencerna nutrisi ini terlebih dahulu sebelum menyerap zat lain dari makanan (2).
    • Jika kamu juga mengonsumsi vitamin C dari makanan seperti buah dan sayur, pastikan keduanya tidak dimasak dengan suhu yang terlalu tinggi karena vitamin C yang berasal dari sumber makanan akan cepat hancur oleh suhu panas (1).
  2. Konsumsi vitamin C saat atau setelah makan
    • Kalau kamu memiliki maag atau tidak kuat mengonsumsi sesuatu yang bersifat asam saat perut sedang kosong, sebaiknya kamu meminum vitamin C bersamaan dengan makan. Pasalnya, konsumsi vitamin C dengan makanan dapat membantu mengurangi potensi efek samping gastrointestinal yang disebabkan oleh tingkat keasaman yang tinggi (2). Dengan begitu, perut kamu akan terasa lebih nyaman.
    • Namun, meski dikonsumsi saat makan, beberapa orang yang meminum vitamin C (terutama dalam dosis tinggi) tetap mengalami gangguan pada pencernaan dan bahkan sampai menyebabkan diare. Jadi, cek kembali dosis hariannya, dan supaya penyerapan vitamin tetap bisa maksimal, kamu bisa membagi dosis tersebut menjadi 2 kali minum (3).
  3. Jangan meminum vitamin C di malam hari
    • Ada lagi aturan minum vitamin C yang perlu kamu ketahui. Beberapa orang yang rutin minum vitamin C melaporkan bahwa mereka merasa jadwal tidur mereka menjadi terganggu apabila meminumnya sebelum tidur. Meski begitu, sampai saat ini belum ada bukti medis yang membuktikan hal tersebut, tetapi jika kamu memiliki kekhawatiran akan hal ini, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi vitamin C di pagi hari daripada di malam hari (3).
  4. Bisa diminum dengan vitamin penambah zat besi.
    • Sudah tahu belum, kalau vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh kita menjadi lebih baik? Jika kamu sedang kekurangan zat besi dan dokter menyarankan untuk mengonsumsi zat besi tambahan, akan lebih baik jika kamu juga mengonsumsi vitamin C pada waktu yang sama, di jam berapapun (3).
  5. Agar lebih maksimal, minum vitamin C dengan zinc.
    • Ternyata, menggabungkan asupan vitamin C dan zinc dapat memiliki dampak yang sangat baik untuk tubuh. Hal ini karena kedua zat tersebut memainkan peran penting dalam penyerapan nutrisi, pertahanan daya tahan tubuh dan mampu memelihara kesehatan secara umum (4)
    • Efek dari gabungan 1000 mg vitamin C dan 10 mg zinc sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan pada pasien dengan gejala flu. Hasilnya, kedua zat ini bekerja lebih baik ketika mempertahan sistem imunitas dalam melawan penyakit (4).
  6. Simpan suplemen vitamin C di tempat sejuk.
    • Selain mengetahui kapan waktu yang tepat untuk meminum vitamin C, kamu juga perlu memperhatikan metode penyimpanannya, lho. Salah satunya adalah dengan meletakkannya di lemari atau laci kabinet yang bersih. Pastikan untuk menyimpan suplemen vitamin C di tempat yang sejuk dan gelap agar jumlah kandungannya tidak menurun, karena vitamin ini cukup sensitif terhadap panas dan cahaya (2).

Dosis Minimum dan Maksimum Vitamin C

Setelah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk meminum vitamin C, adapun dosis minimal harian dari asupan vitamin C yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut (5):

Kelompok Usia

Dosis Minimum (mg per hari)

Anak 4-8 tahun

25mg 

Anak 9-13 tahun

45mg

Anak 14-18 tahun

75-80mg

Wanita >19 tahun

75mg

Pria >19 tahun

90mg

Ibu hamil dan menyusui

120mg

Dosis di atas adalah dosis minimal yang perlu kamu ketahui agar tidak kekurangan vitamin C. Namun, jika kamu mengonsumsi vitamin C lebih dari dosis di atas, kamu tidak perlu khawatir, karena sisa kelebihan vitamin C tetap bisa dikeluarkan melalui urin. Selain itu, kandungan vitamin C bisa berkurang jika terekspos oleh panas atau sinar matahari (2), dan dosis maksimal vitamin untuk anak-anak usia 9-13 tahun yang aman dikonsumsi adalah 1200mg dan untuk orang dewasa adalah 2000mg (5)

Nah, demikian informasi terkait waktu terbaik dan aturan minum vitamin C yang wajib kamu ketahui. Dengan adanya panduan di atas, sekarang kamu bisa menyusun waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen vitamin C setidaknya 500 mg per hari agar memaksimalkan keefektifannya dalam menjaga sistem imun tubuh, ya! 

CH-20220921-06

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:

  1. Cecilia Snyder. How Much Vitamin C Should You Take? Diakses pada 29 Agustus 2022 dari https://www.healthline.com/nutrition/how-much-vitamin-c-should-i-take-daily#recommended-intake.
  2. Jillian Kubala, MS, RD. When Is the Best Time to Take Vitamins? Healthline. Diakses pada 29 Agustus 2022 dari https://www.healthline.com/nutrition/best-time-to-take-vitamins#water-soluble-vitamins.
  3. Jane Anderson. When Is the Best Time to Take Vitamins? Very Well Fit. Diakses pada 30 Agustus 2022 dari https://www.verywellfit.com/when-is-the-best-time-to-take-vitamins-4173024#toc-vitamin-c.
  4. S Maggini, S Beveridge & M Suter. A Combination of High-Dose Vitamin C Plus Zinc For The Common Cold. National Library of Medicine USA. Diakses pada 30 Agustus 2022 dari https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22429343/.
  5. Jennifer Lefton. The Health Benefits of Vitamin C. Very Well Health. Diakses pada 30 Agustus 2022 dari https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-vitamin-c-supplements-89083#toc-dosage-how-much-vitamin-c-should-i-get.


Cara Redoxon®
mendukung sistem
imunitas Anda

 

 

Tubuh Anda dilengkapi dengan sistem pertahanan alami yang kuat. Sistem imunitas tubuh memiliki berbagai cara untuk mengatasi ancaman bakteri dan virus. Ada tiga mekanisme pertahanan utama dalam sistem imunitas tubuh; perlindungan fisik (kulit dan mukosa atau selaput lendir), perlindungan seluler (sel darah putih, dan antibodi. Ragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi jaringan yang kompleks ini.

Di dunia yang serba cepat dan hadirnya makanan cepat saji maupun siap masak, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah memadai untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral dalam upaya mendukung fungsi tubuh bisa menjadi tantangan tersendiri. Kurangnya vitamin dan mineral dapat berdampak buruk pada sistem imunitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Redoxon® hadir dengan rangkaian produk vitamin C yang dirancang untuk mendukung sistem imunitas Anda.

Selengkapnya

 

Redoxon® untuk sistem imunitas yang lebih sehat

Anda perlu menjaga sistem imunitas. Meski tidak terlihat, sistem imunitas bekerja tanpa henti selama 24 jam, setiap hari. Sama seperti tanaman yang membutuhkan air dan sinar matahari, sistem imunitas membutuhkan asupan gizi secara teratur untuk mendukung sistem pertahan tubuh dan memberikan perlindungan optimal bagi tubuh.

Dibarengi dengan gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik dan nutrisi yang baik, mengonsumsi suplemen seperti Redoxon® akan menjadi fondasi untuk sistem imunitas yang kuat sepanjang tahun.

 

 

 

 

 

Ahlinya vitamin C dengan pengalaman 80 tahun

Di tahun 1934, kami menjadi pelopor suplemen vitamin C pertama di dunia, dan sejak itu terus membantu menjaga sistem pertahanan alami tubuh tetap prima selama lebih dari 80 tahun. Saat ini rangkaian suplemen inovatif kami senantiasa mendukung daya tahan tubuh Anda setiap hari.

 

Memperkuat daya tahan tubuh

Ingin memperkuat sistem imunitas? Yuk, telusuri dan cek artikel-artikel tentang cara mendukung sistem imunitas tubuh Anda.