Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan tubuh | Redoxon

Bagikan di :

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan tubuh

“You are what you eat” merupakan pepatah yang memiliki arti harfiah yaitu Anda adalah apa yang Anda makan. Sederhananya, pepatah ini memiliki maksud kalau pola makan sehat dan bervariasi merupakan kunci bagi daya tahan tubuh yang baik. Nutrisi, pola istirahat, dan stres mampu memengaruhi respons sistem kekebalan tubuh. Nutrisi juga penting dalam memenuhi kebutuhan gizi, seperti vitamin dan mineral yang penting untuk sistem imunitas.

Yuk, simak bagaimana jenis-jenis makanan ini mampu membantu sistem imunitas.

Sayuran dan buah-buahan

Buah-buahan dan sayuran membantu memenuhi kebutuhan gizi dan memiliki banyak manfaat sehingga penting menjadi bagian dari pola makan sehari-hari. Keduanya merupakan sumber antioksidan yang penting melawan dampak buruk penuaan, seperti kerusakan oksidatif yang memengaruhi sel dan jaringan tubuh. Selain itu, keduanya juga mendukung fungsi sistem imunitas karena kaya vitamin dan mineral.

Contohnya, makanan kaya vitamin C, seperti buah sitrus, kiwi, paprika, brokoli, dan bayam telah dikenal baik untuk daya tahan tubuh. Tak hanya itu, alpukat, blackberry, kacang hijau, serta bayam juga merupakan sumber untuk zink, mineral yang membantu keberlangsungan sel sistem imun.

Kacang dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat menjadi camilan sehat bagi sistem imunitas. Keduanya mengandung banyak nutrisi yang juga membantu Anda memenuhi kebutuhan gizi harian. Sebut saja, kacang almond mengandung vitamin E dan vitamin B serta memiliki manfaat prebiotik yang penting bagi bakteri baik peningkat imunitas.

Selanjutnya, kacang kenari atau walnut memiliki manfaat antiperadangan karena mengandung asam lemak omega-3 serta meningkatkan daya tahan tubuh berkat vitamin B6. Untuk biji-bijian, biji bunga matahari dan biji labu mengandung vitamin E, vitamin B, dan mineral, seperti zat besi, magnesium, zink, dan tembaga.

Daging dan makanan laut

Memasukkan daging dan ikan ke dalam makanan Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Daging bukan hanya sumber energi yang kaya tetapi juga menyediakan zat besi, seng, tembaga, dan vitamin B6 bagi tubuh Anda. Semua ini adalah nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat. Berbagai jenis makanan laut juga mengandung vitamin B dan dapat membantu tubuh Anda mengatur peradangan sekaligus meningkatkan perkembangan sel darah merah dan putih5,6.

Sebagai bagian makanan bergizi dan bervariasi, daging dan ikan juga dapat meningkatkan sistem imunitas. Daging memberi tubuh energi dan juga zat besi, zink, tembaga, dan vitamin B6. Semuanya penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, makanan laut banyak mengandung ragam jenis vitamin B, membantu tubuh menghadapi peradangan, dan mendukung perkembangan sel darah merah dan putih.

semangkuk sereal dan blueberry

Roti dan sereal

Roti gandum utuh, sereal (oat, gandum), dan nasi cokelat dapat menjadi pilihan makanan pokok kaya vitamin B. Selain mendukung sistem imunitas, ketiganya juga kaya serat yang juga baik untuk fungsi sistem tersebut. Bagi orang yang mengalami kelebihan berat badan, makanan kaya serat juga mampu menurunkan Indeks Massa Tubuh (BMI). BMI yang ideal berkaitan dengan fungsi daya tahan tubuh yang lebih baik.

Suplemen vitamin dan mineral

Salah satu cara mendukung sistem imunitas dan memenuhi kebutuhan gizi adalah dengan suplemen vitamin dan mineral. Mengonsumsi suplemen yang mengandung Vitamin C, Vitamin D, dan Zinc yang dibuat khusus untuk sistem kekebalan tubuh mampu meningkatkan daya tahan tubuh dalam mencegah dan melawan infeksi.

Referensi:

  1. (Song et al, 2019; Patel et al 2012 and Gombart et al 2020).
  2. Barnard ND, Goldman DM, Loomis JF, et al. Plant-based diets for cardiovascular safety and performance in endurance sports. NUTRIENTS. 2019;11(1). pii: E130.
  3. S. Chambial et al., ‘Vitamin C in disease prevention and cure: an overview’, Indian Journal of Clinical Biochemistry, vol. 28, no. 4, 2013, p. 314-328.
  4. D. Konig et al., ‘Zinc, iron and magnesium status in athletes – influence on the regulation of exercise induced stress and immune function’, Exercise
    Immunol Review, vol. 4, 1998, p. 2-21.
  5. Maggini S. et al. Immune Function and Micronutrient Requirements Change over the Life Course. Nutrients. 2018 Oct 17;10(10). pii: E1531. doi: 10.3390/nu10101531.https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30336639 
  6. U.S Department of Health and Human Services. National Institutes of Health. Office of Dietary Supplements: B12 https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminB12-HealthProfessional/
  7. Haddad EH, Berk LS, Kettering JD, Hubbard RW, Peters WR. Dietary intake and biochemical, hematologic, and immune status of vegans compared with nonvegetarians. AM J CLIN NUTR. 1999;70(3 Suppl):586S-593S.
  8. Gombart AF, Pierre A, Maggini S. A Review of Micronutrients and the Immune System-Working in Harmony to Reduce the Risk of Infection. Nutrients 2020;12.


Cara Redoxon®
mendukung sistem
imun Anda

 

 

Tubuh Anda dilengkapi dengan sistem pertahanan alami yang kuat. Sistem imunitas memiliki berbagai cara untuk mengatasi ancaman bakteri dan virus. Ada tiga mekanisme pertahanan utama dalam sistemimunitas; perlindungan fisik (kulit dan mukosa atau selaput lendir), perlindungan seluler (sel darah putih, dan antibodi. Ragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi jaringan yang kompleks ini.

Di dunia yang serba cepat dan hadirnya makanan cepat saji maupun siap masak, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah memadai untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral dalam upaya mendukung fungsi tubuh bisa menjadi tantangan tersendiri. Kurangnya vitamin dan mineral dapat berdampak buruk pada sistem imunitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Redoxon® hadir dengan rangkaian produk vitamin C yang dirancang untuk mendukung sistem imunitas Anda.

Selengkapnya

 

Redoxon® untuk sistem imunitas yang lebih sehat

Anda perlu menjaga sistem imunitas. Meski tidak terlihat, sistem imun bekerja tanpa henti selama 24 jam, setiap hari. Sama seperti tanaman yang membutuhkan air dan sinar matahari, sistem imunitas membutuhkan asupan gizi secara teratur untuk mendukung sistem pertahan tubuh dan memberikan perlindungan optimal bagi tubuh.

Dibarengi dengan gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik dan nutrisi yang baik, mengonsumsi suplemen seperti Redoxon® akan menjadi fondasi untuk sistem imunitas yang kuat sepanjang tahun.

 

 

 

 

 

Ahlinya vitamin C dengan pengalaman 80 tahun

Di tahun 1934, kami menjadi pelopor suplemen vitamin C pertama di dunia, dan sejak itu terus membantu menjaga sistem pertahanan alami tubuh tetap prima selama lebih dari 80 tahun. Saat ini rangkaian suplemen inovatif kami senantiasa mendukung daya tahan tubuh Anda setiap hari.

 

Memperkuat daya tahan tubuh

Ingin memperkuat sistem imunitas? Yuk, telusuri dan cek artikel-artikel tentang cara mendukung sistem kekebalan tubuh Anda.