Bagikan di :

Jenis dan Kandungan Vitamin C Pada Jeruk Dan Manfaatnya

Indonesia kaya akan sumber daya alam yang melimpah, salah satunya adalah buah jeruk. Spesies jeruk yang beragam berawal dari berbagai daerah tropik dan subtropik Asia. Selanjutnya, penyebaran buah jeruk semakin berkembang ke seluruh negara di dunia (1).  Berbagai jenis jeruk yang banyak dijumpai di Indonesia adalah Jeruk Nipis, Jeruk Purut, Jeruk Bali, Jeruk Medan, Jeruk Limau dan Jeruk Siam.

Buah jeruk yang juga populer dengan sebutan Citrus ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan tidak hanya itu, jeruk juga menyimpan berbagai senyawa lain dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker dan melawan berbagai jenis penyakit lainnya. Dalam setiap satu buah jeruk berukuran sedang (perkiraan berat sekitar 131g) setidaknya mengandung (2):

  • 61,6 kalori
  • 0,16 g lemak
  • 237 miligram potasium
  • 15,4 g karbohidrat
  • 12,2 gram gula pasir
  • 1,23 gram protein

Manfaat Vitamin Pada Jeruk

Ada berbagai manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dari buah jeruk, di antaranya adalah:

1. Melindungi kesehatan mental

Kandungan antioksidan dalam jeruk dapat melindungi kesehatan mental Anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa orang yang lebih banyak mengonsumsi jeruk memiliki risiko depresi yang lebih rendah (3). Selain itu, vitamin C juga dapat menurunkan hormon kortisol dan tekanan darah yang seringkali dikaitkan dengan penyebab stress (4).

2. Menjaga kesehatan jantung

Flavonoid yang terkandung dalam buah jeruk dapat mencegah Anda dari resiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan serat juga berperan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah (2).

3. Mencegah batu ginjal

Salah satu kandungan vitamin C pada jeruk adalah asam sitrat. Jeruk merupakan sumber asam sitrat yang dipercaya mampu mencegah pembentukan batu ginjal (4)

4. Menghambat sel kanker

Karena keunggulannya yang dapat menangkal radikal bebas, jeruk juga dapat menjadi sumber nutrisi untuk mencegah kanker berkembang lebih lanjut (2,5).

5. Merawat kulit

Kandungan vitamin C pada jeruk dapat membantu seseorang menjaga kesehatan kulit. Hal ini disebabkan karena vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen. Kolagen inilah yang membantu kulit menjadi lebih kencang dan melawan penuaan dini (2,4,5).

6. Mencegah disabilitas

Bagi ibu hamil, kandungan vitamin C pada jeruk dapat mencegah bayi lahir dengan kekurangan atau disabilitas. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil dan janinnya (4).

7. Mengontrol pencernaan

Keunggulan jeruk lainnya adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat dalam jeruk bermanfaat untuk menjaga usus Anda tetap sehat (4).

8. Menjaga kesehatan mata

Keunggulan jeruk lainnya adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat dalam jeruk bermanfaat untuk menjaga usus Anda tetap sehat (4).

9. Mencegah anemia

Jeruk memiliki kemampuan untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh dan membantu penyerapan zat besi sehingga mampu mencegah anemia (2,4). Anemia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan rendahnya jumlah sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen. Jika sel darah merah rendah, oksigen dalam darah juga menurun dan dapat menyebabkan penderitanya lemas dan sakit kepala (2).

10. Memperlambat penyerapan gula

Kabar baik bagi penderita diabetes, serat dalam jeruk dapat memperlambat cara tubuh Anda dalam penyerapan gula. Jadi, kadar gula dalam tubuh tidak akan bertumpuk dalam waktu yang singkat (2).

11. Memperkuat tulang dan otot

Salah satu kandungan vitamin pada jeruk yaitu kalsium, memiliki kegunaan untuk memperkuat tulang dan otot. Tidak hanya itu, kalsium juga berperan untuk memperkuat organ tubuh (5).

12. Anti radang

Beberapa jenis makanan yang membawa virus atau bakteri dapat menyebabkan inflamasi atau peradangan dalam tubuh Anda. Sifat jeruk yang merupakan anti radang dapat membantu Anda meredakannya (4).

13. Mempercepat penyembuhan luka

Keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari kandungan vitamin C pada jeruk adalah kelebihannya dalam mempercepat penyembuhan luka (5).

14. Meredakan motion sickness

Kandungan vitamin C pada jeruk juga berkhasiat untuk meredakan motion sickness, sehingga sangat bermanfaat bagi orang-orang yang sering mengalami mabuk ketika menaiki kendaraan (5).

15. Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C pada jeruk terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh (4,5). Daya tahan tubuh yang baik akan menghindarkan Anda dari berbagai serangan penyakit. Oleh karena itu, konsumsi vitamin C dibutuhkan bagi siapa saja yang aktif, rentan terhadap penyakit. Selain itu, vitamin C juga terbukti dalam mencegah penyakit bagi kelompok usia lanjut (6).

Berbagai manfaat yang dapat Anda temukan di dalam jeruk dapat membantu untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Apalagi, kandungan vitamin C pada jeruk mampu memperkuat daya tahan tubuh Anda. Meskipun kandungan vitamin C pada jeruk memang memiliki khasiat yang tinggi, namun akan lebih baik lagi jika Anda mengkombinasikannya dengan vitamin lain.

Jika Anda termasuk orang yang sibuk atau lebih menyukai hal yang cepat dan mudah, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan mengkonsumsi suplemen vitamin yang mengandung vitamin C, vitamin D dan Zinc agar asupan vitamin tercukupi setiap harinya untuk menjaga daya tahan tubuh secara optimal. 


Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia


Referensi:

  1. C Martasari, A Supriyanto, dan H Mulyanto. Keragaman Jeruk Siam di Indonesia. perpustakaan.pertanian.go.id .Diakses pada 17 September 2021 dari http://perpustakaan.pertanian.go.id/repository_litbang/uploaded_files/pros_2004_5.pdf 
  2. Megan Ware. What To Know About Oranges. Medicalnewstoday.com. Diakses pada 17 September 2021 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/272782#nutrition
  3. Shuh-Chiao Chang, Aedin Cassidy, Walter C Willet. Dietary Flavonoid Intake and Risk of Incident Depression In Midlife and Older Women. The American Journal of Clinical Nutrition.Diakses pada 5 Oktober 2021 dari https://academic.oup.com/ajcn/article/104/3/704/4564688 
  4. Danny Bonvissuto. Oranges. WebMD.com. Diakses pada 17 September 2021 dari https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-oranges
  5. Joseph Nordqvist. Vitamin C: Why Is It Important? Medicalnewstoday.com. Diakses pada 17 September 2021 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/219352#other-benefits 
  6. Anita C Carr, Silvia Maggini. Vitamin C and Immune Function. Ncbi.nlm.nih.gov. Diakses pada 17 September 2021 dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5707683/ 


Cara Redoxon®
mendukung sistem
imunitas Anda

 

 

Tubuh Anda dilengkapi dengan sistem pertahanan alami yang kuat. Sistem imunitas tubuh memiliki berbagai cara untuk mengatasi ancaman bakteri dan virus. Ada tiga mekanisme pertahanan utama dalam sistem imunitas tubuh; perlindungan fisik (kulit dan mukosa atau selaput lendir), perlindungan seluler (sel darah putih, dan antibodi. Ragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi jaringan yang kompleks ini.

Di dunia yang serba cepat dan hadirnya makanan cepat saji maupun siap masak, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah memadai untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral dalam upaya mendukung fungsi tubuh bisa menjadi tantangan tersendiri. Kurangnya vitamin dan mineral dapat berdampak buruk pada sistem imunitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Redoxon® hadir dengan rangkaian produk vitamin C yang dirancang untuk mendukung sistem imunitas Anda.

Selengkapnya

 

Redoxon® untuk sistem imunitas yang lebih sehat

Anda perlu menjaga sistem imunitas. Meski tidak terlihat, sistem imunitas bekerja tanpa henti selama 24 jam, setiap hari. Sama seperti tanaman yang membutuhkan air dan sinar matahari, sistem imunitas membutuhkan asupan gizi secara teratur untuk mendukung sistem pertahan tubuh dan memberikan perlindungan optimal bagi tubuh.

Dibarengi dengan gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik dan nutrisi yang baik, mengonsumsi suplemen seperti Redoxon® akan menjadi fondasi untuk sistem imunitas yang kuat sepanjang tahun.

 

 

 

 

 

Ahlinya vitamin C dengan pengalaman 80 tahun

Di tahun 1934, kami menjadi pelopor suplemen vitamin C pertama di dunia, dan sejak itu terus membantu menjaga sistem pertahanan alami tubuh tetap prima selama lebih dari 80 tahun. Saat ini rangkaian suplemen inovatif kami senantiasa mendukung daya tahan tubuh Anda setiap hari.

 

Memperkuat daya tahan tubuh

Ingin memperkuat sistem imunitas? Yuk, telusuri dan cek artikel-artikel tentang cara mendukung sistem imunitas tubuh Anda.