Ini 8 Cara Efisien Bersihkan Rumah Saat ART Mudik Lebaran

Asisten Rumah Tangga (ART) andalan pulang kampung menjelang Lebaran? Tradisi mudik ini seharusnya memang bukan lagi hal yang mengejutkan. Meskipun Anda sudah bersiap-siap menghadapi kenyataan ini, sering kali begitu si Mbak mengajukan jadwal cutinya, Anda masih juga merasa belum siap.

Salah satu tantangan yang membuat Anda berat hati mengabulkan jadwal mudik ART barangkali adalah kenyataan bahwa Anda harus membersihkan rumah seorang diri. Padahal, kalau mau berbesar hati, sebenarnya kegiatan bersih-bersih ini banyak manfaatnya untuk tubuh. Pekerjaan yang dilakukan di rumah dan kebun bisa dianggap sebagai latihan tubuh karena dapat membakar kalori serta meregangkan dan mengencangkan otot jika dilakukan dengan benar.(1)

Bahkan sebuah penelitian di Indiana University yang dipimpin oleh Nicole Keith menunjukkan bahwa para responden dengan kondisi rumah yang lebih bersih juga diketahui memiliki kondisi kesehatan yang lebih prima dan lebih aktif.(2)

Nah, supaya latihan Anda memberikan hasil yang maksimal, berikut ini cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat pekerjaan Anda lebih efisien.

1. Terapkan sistem
Pada akhirnya pekerjaan rumah tetaplah sebuah tugas. Saat Anda menganggap hal ini sebagai sebuah tugas yang serius, Anda akan memikirkan cara untuk dapat melakukannya dengan lebih cepat dan efisien. Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah menerapkan sistem. Misalnya bekerjalah dari satu ruang ke ruang lain, selalu mulai dan akhiri di area yang sama agar Anda tidak perlu bolak-balik untuk menyelesaikan semua pekerjaan.

Namun perlu diingat bahwa satu sistem yang bekerja bagi satu orang belum tentu mudah Anda terapkan. Setiap orang bekerja dengan sistem yang berbeda dan hal itu normal saja.

 

2. Bersihkan dari atas ke bawah, kiri ke kanan
Kesalahan pemula adalah membersihkan dengan arah yang tidak tepat. Saat membersihkan ruang tamu misalnya, jangan mulai dari meja baru membersihkan jendela. Justru mulailah dari jendela, lemari, meja yang lebih tinggi, kursi, meja kopi, karpet, baru lantai. Bekerja dari atas ke bawah mengurangi kemungkinan pekerjaan dilakukan secara berulang.

Untuk arah membersihkan sebaiknya dimulai dari kiri ke kanan untuk memastikan tidak ada bagian ruangan yang tertinggal.

 

3. Gunakan pembersih karet untuk hasil maksimal
Masih membersihkan jendela dengan sabun dan koran? Cobalah menggunakan squeegee atau alat pembersih jendela dengan bilah berlapisan karet di ujungnya. Campur sabun dengan seember air, sapukan larutan ini ke permukaan jendela dengan lap, kemudian gunakan squeegee untuk menghilangkan sisa cairan. Mulai dari atas ke bawah dan lap bilah setiap kali sampai di bawah. Hasilnya? Jendela bersih berkilau!

Sebagai alternatif Anda juga bisa menggunakan larutan pembersih jendela yang dijual di toko dengan lap microfiber. Saat membersihkan jendela dengan lap terapkan gerakan horisontal dan bergeraklah dari atas ke bawah. Jangan membersihkan jendela dengan gerakan menggosok dan melingkar karena akan meninggalkan bekas.

 

4. Selalu pastikan alat pembersih mudah dijangkau
Kumpulkan semua alat dan bahan yang Anda perlukan untuk membersihkan rumah dalam satu wadah misalnya ember. Dengan demikian Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk berjalan bolak-balik demi mengumpulkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membersihkan ini dan itu. Ketika bergerak dari satu ruang ke ruang lain, pastikan semua alat tadi ikut Anda bawa.

 

5. Terapkan cara efektif bersihkan noda
Untuk noda lemak di dinding atau meja dapur, gunakan sabun cuci piring yang mengandung lemon atau jeruk. Caranya, campur satu sendok makan sabun pencuci piring dengan satu liter air hangat. Celup busa atau lap ke dalam larutan dan gosokkan ke area yang kotor. Setelah itu gunakan lap bersih yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat lain untuk membilas area tadi. Untuk noda yang sulit dibersihkan dengan sabun, gunakan baking soda yang dicampur dengan sedikit air. Oleskan campuran ini pada area yang kotor dan gosok dengan lap bersih.

Noda karat di area luar ruang seperti teras dan garasi bisa dibersihkan menggunakan larutan asam atau cuka. Teteskan air perasan jeruk ke atas noda, biarkan selama setidaknya 10 menit. Untuk noda yang sudah terbentuk sejak lama, setelah diteteskan air jeruk, gosok menggunakan sikat. Setelah itu bilas area yang kotor dengan air bersih.

 

6. Jadikan sebagai kebiasaan
Untuk memastikan kondisi rumah senantiasa bersih cemerlang, Anda perlu meluangkan waktu rutin untuk membersihkannya. Meski terkesan merepotkan, sesungguhnya cara ini lebih menghemat waktu dibanding jika Anda membersihkan semua noda saat kondisinya sudah sangat sulit dibersihkan. Menyapu dan mengepel bisa dilakukan sekali sehari. Sementara untuk membersihkan noda-noda di dapur atau kamar mandi bisa dilakukan seminggu sekali. Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu kelimpungan saat Mbak ART mudik.

 

Agar Anda tidak terlalu kelelahan, sebaiknya ajak anggota keluarga lain untuk membersihkan rumah, bersama-sama. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk menjaga kebugaran selama puasa. Bila perlu, minum satu tablet Redoxon Double Action usai makan besar kala sahur.

 

 

Sumber:
(1) http://www.webmd.com/fitness-exercise/features/spring-cleaning-calorie-burn#1
(2) http://www.huffingtonpost.com/saudia-davis/regular-cleaning-is-good-_b_4283365.html
(3) http://www.popularmechanics.com/home/interior-projects/how-to/g1238/15-secrets-to-cleaning-your-home-in-half-the-time/