Inilah Tanda Tubuh Siap Menjalankan Ibadah Puasa

Apakah Anda merasa sehat hari ini? Biasanya, Anda hanya mengukur kesehatan tubuh hanya dari perasaan saja. Ketika tidak merasakan keluhan di bagian badan manpun, artinya Anda sehat. Jika bisa melakukan aktivitas harian, tandanya Anda sehat.
Namun, jika belum yakin, Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh dengan melakukan berbagai pengukuran. Berikut tanda bahwa tubuh Anda sehat dan siap menjalankan ibadah puasa.


Tekanan darah normal

Tekanan darah normal di bawah atau setara dengan 120/80 mm Hg. Angka 120 biasa disebut tekanan sistolik, yaitu tekanan yang dihasilkan saat jantung berdetak dan memompa darah melalui arteri ke seluruh tubuh. Sementara angka 80 berarti tekanan diastolik, yaitu tekanan pada pembuluh darah arteri saat jantung tidak memompa atau beristirahat sejenak. (1)
Salah satu cara menjaga tekanan darah tetap normal adalah memerhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kurangi konsumsi garam, makan makanan dan minuman manis, serta daging merah agar tekanan darah tidak melonjak tinggi. Selain itu, perbanyak makan sayur dan buah. (2)


Tingkat respirasi normal

Laju pernapasan biasanya diukur saat seseorang sedang beristirahat. Caranya menghitungnya hanya dengan melihat pergerakan dada seseorang. Tingkat respirasi normal orang dewasa berkisar antara 12-16 per menit. Tingkat respirasi bisa saja meningkat saat Anda sedang demam atau mengalami masalah kesehatan lainnya.(3)


Denyut nadi normal

Saat mengukur denyut nadi, artinya kita juga menghitung detak jantung. Ketika nadi berdenyut sekali, maka saat itu pula jantung sedang memompa darah ke arteri untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Denyut nadi orang dewasa yang normal berkisar antara 60-100 denyut per menit. Denyut nadi bisa berfluktuasi dan meningkat tajam saat sedang sakit, emosi, atau berolahraga.(3)

Kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa menyebabkan denyut jantung berdetak tidak beraturan. Selain itu, kondisi stres dan paparan polusi udara juga dapat mengganggu ritme detak jantung. Anda harus meninggalkan kebiasaan buruk yang tidak sehat agar badan tetap fit menjelang Ramadhan.(4)


Suhu tubuh normal

Tinggi rendahnya temperatur dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti jenis kelamin, aktivitas, konsumsi makanan dan minuman, hingga siklus menstruasi pada wanita. Suhu tubuh normal manusia dewasa yang sehat berkisar antara 36,5-37,2 derajat Celcius. Biasanya, pada pagi hari suhu badan rendah, namun masih termasuk dalam kisaran normal. Temperatur naik sekitar 0,6 derajat Celcius pada sore hari.(3)

Tapi, kalau temperatur tubuh melonjak hingga di atas 37,5 derajat Celcius, artinya Anda sedang menderita demam. Sementara jika suhu tubuh di bawah 35 derajat Celcius, maka Anda mengalami hiportemia.(5)


Penampilan fisik: kulit, rambut, dan gigi

Mungkin Anda pernah menanyakan kondisi kesehatan seseorang hanya dengan melihat penampilan fisiknya. Ya, tanda-tanda kesehatan seseorang bisa dilihat dari penampkan kulit, rambut, dan gigi. Sebab, ketiga bagian tubuh tersebut membutuhkan banyak protein, zat besi, dan nutrisi lainnya agar tampak sehat serta kuat. Kalau kulit tampak kusam dan bernoda, kuku rapuh, serta rambut mudah rontok, maka itu tandanya Anda tidak menjalani gaya hidup sehat. Anda sebaiknya memerbaiki asupan nutrisi agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.(6)

 

Agar siap menjalani puasa selama Ramadhan, yuk terus menjaga kondisi fisik! Untuk menjaga tubuh tetap sehat, Anda harus mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang. Selain itu, lengkapi dengan asupan vitamin C dan mineral zinc untuk membantu daya tahan tubuh.

 

Sumber:

(1) http://www.webmd.boots.com/hypertension-high-blood-pressure/guide/diastolic-systolic

(2)http://www.alodokter.com/makanan-penakluk-tekanan-darah-tinggi

(3)http://www.hopkinsmedicine.org/healthlibrary/conditions/cardiovascular_diseases/vital_signs_body_temperature_pulse_rate_respiration_rate_blood_pressure_85,P00866/

(4)http://www.alodokter.com/aritmia

(5)http://www.alodokter.com/memahami-suhu-tubuh

(6)http://www.livestrong.com/article/351694-signs-of-a-healthy-body/