Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Sahur

Anda pasti sudah mengetahui bahwa air putih bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Hingga Anda berusaha membiasakan diri minum air putih di pagi hari, menjaga asupan air sepanjang hari, dan menghindari minuman bersoda atau berwarna. Tapi, bagaimana kala puasa, ya?

Saat bulan puasa seperti saat ini, sesungguhnya Anda bisa terus memertahankan kebiasaan baik itu. Pertama-tama, Anda harus bangun sahur lebih pagi dari biasanya. Mungkin sekitar 1-1,5 jam sebelum Imsak. Pada saat bangun sahur, Anda bisa langsung meminum 1,5 liter (kira-kira 5-6 gelas) air putih. Namun, jika tidak sanggup, Anda bisa mencoba meneguk 4 gelas terlebih dahulu. Setelah jeda selama 2 menit, Anda bisa meminum 2 gelas lagi.(1)

Setelah minum air putih, Anda sebaiknya tidak langsung makan, melainkan melakukan aktivitas lain seperti ibadah malam atau menyiapkan sahur untuk keluarga. Setelah 45 menit berselang, barulah menyantap hidangan sahur yang tersedia.

Kebiasaan minum air putih sesaat setelah bangun sahur membuat Anda siap beraktivitas sepanjang hari. Mengapa? Sebab minum cukup air putih saat sahur memiliki sejumlah manfaat:

 

Menghidrasi sel

Waktu tidur pada bulan puasa mungkin berkurang. Kita terlelap pada pukul 21.00 atau 22.00, setelah pulang salat tarawih. Kemudian terbangun lagi sekitar pukul 03.00 untuk sahur. Jadi, kemungkinan kita hanya tidur malam sekitar 5-6 jam.

Pada saat tidur, tubuh mengalami defisit air. Sebab selama terlelap, badan terus bekerja untuk memperbaiki sel. Selain itu, ada air yang menguap ke luar tubuh. Maka, kita perlu minum air putih sesaat setelah bangun tidur untuk sahur, sehingga bisa menghidrasi sel. Hidrasi sel sendiri berfungsi untuk meningkatkan laju produksi otot dan darah.(2)

 

Membersihkan usus

Minum air putih sesaat setelah bangun tidur akan membantu membersihkan usus. Sehingga usus lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan. Jadi, makanan yang Anda konsumsi saat sahur tidak mengendap di perut.(1)

 

Mengurangi tingkat keasaman di perut

Menurut buku The Family Medicine Handbook, perut adalah sumber asam di dalam tubuh, bahkan akan terus mengekskresi asam sepanjang malam. Ketika Anda tidak mengonsumsi makanan, maka tidak ada yang bisa menetralkan asam. Kemudian, asam lambung bisa naik sampai ke kerongkongan. Pada akhirnya, Anda akan merasa mulas ketika bangun tidur. Agar Anda bisa langsung mempersiapkan makan sahur keluarga, tanpa terkendala asam lambung, cobalah minum air putih sesaat setelah bangun sahur. (3)

 

Menjaga daya tahan tubuh

Minum air putih saat perut kosong bisa membantu menyeimbangkan sistem pada getah bening di tubuh. Kelenjar ini merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia yang membantu melawan infeksi akibat bakteri, virus, dan lainnya. Saat terjadi infeksi, kelenjar getah bening akan membengkak untuk memberi tanda pada tubuh. Kemudian, setelah infeksi mereda, kelenjar ini akan mengempis sendiri. Jika cairan di kelenjar getah bening seimbang, maka akan meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa.(4)

 

Efek positif pada kecantikan

Anda tidak ingin terlihat lesu dan kusam selama menjalankan ibadah puasa bukan? Sebagian orang mengharapkan efek minum air putih terhadap kecantikan fisik. Air akan memberi nutrisi pada rambut dan membuatnya tampak lebih tebal. Hal ini karena ¼ bagian dari rambut dibentuk oleh air. Jika Anda kekurangan air, maka rambut akan terlihat tipis dan rapuh.(5)

Selain itu, minum air 500 mililiter air putih saat perut kosong juga bisa meningkatkan peredaran darah pada kulit. Akhirnya, Anda bisa tampil dengan kulit lebih cerah. Sebaliknya, kalau Anda membiarkan diri dehidrasi saat bangun tidur, maka akan memicu timbulnya garis halus dan pori-pori kulit.(6)

Selain minum air putih, Anda juga harus makan makanan bergizi dengan komposisi yang seimbang pada saat sahur. Jangan lupa untuk lengkapi dengan asupan vitamin C dan zinc agar daya tahan tubuh Anda selalu terjaga selama menjalankan ibadah puasa.

 

 

Sumber:

(1)http://www.newhealthguide.org/Drinking-Water-In-The-Morning.html

(2)http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2014-2-02275-DS%20Bab2001.pdf

(3)http://www.livestrong.com/article/446197-the-benefits-of-drinking-water-just-after-waking-up/

(4)http://www.alodokter.com/pembengkakan-kelenjar-getah-bening

(5)http://www.lifehack.org/449117/when-you-drink-water-on-an-empty-stomach-after-waking-up-these-8-amazing-things-will-happen

(6)http://life.viva.co.id/news/read/835788-manfaat-minum-air-putih-saat-perut-kosong-di-pagi-hari