Menguak Rahasia Khasiat Kurma bagi Tubuh

Kurma merupakan buah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. “Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci,” (HR At-Tirmidzi).

Meski kecil, kandungan nutrisi pada kurma bisa membentuk energi bagi tubuh dan membuat perut terasa kenyang. Tapi sebetulnya, manfaat kurma tidak hanya itu. Setidaknya, ada tujuh khasiat kurma bagi tubuh kita.

1. Memperlancar pencernaan dan menghilangkan sembelit
Kurma mengandung serat tidak larut air, seperti 1,55 persen selulose, 1,28 persen hemiselulose, dan 2,01 persen lignin. Dengan kandungannya ini, kurma bisa membantu Anda mempelancarkan buang air besar, juga terhindar dari risiko sembelit dan diare. Keberadaan serat tak larut ini pula membantu tubuh Anda membersihkan racun dari usus besar. (1)

Selain serat tak larut, kurma juga mengandung serat larut air. Bagi tubuh, serat larut ini akan membantu memperlambat proses pencernaan di lambung. (2) Juga mampu mengurangi penyerapan kolesterol dari sistem pencernaan. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari risiko penyakit kolesterol dan jantung. (3)

Ketika Anda mengonsumsi 100 gram kurma saat berbuka puasa, artinya Anda telah memenuhi 32 persen kebutuhan serat bagi orang-orang yang sedang diet. Serat pada kurma juga membantu mengurangi risiko diabetes, hipertensi, penyakit pada usus dan usus besar, penyakit kardiovaskular, dan diverticulosis.(1)

 

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Kurma juga dikenal kaya kalium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Setidaknya terkandung 292 miligram kalium dalam 60 gram kurma. (4) Yang berarti memenuhi sekitar 6 persen kebutuhan tubuh akan asupan kalium. (5) Selain itu, kandungan kalium pada kurma juga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan faktor utama serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke.(6)

 

3. Anti-inflamasi
Kurma memiliki kandungan magnesium.(1) Magnesium dalam kurma ini bermanfaat untuk anti-inflamasi. Sebuah studi menyimpulkan bahwa indikator inflamasi dalam tubuh seperti CRP (C-reactive protein), TNF (tumor necrosis factor alpha), dan IL6 (interleukin 6) berkurang ketika asupan magnesium meningkat. Selanjutnya, peradangan pada arteri dinding juga berkurang dengan asupan magnesium. Berdasarkan sifat anti-inflamasi magnesium dan temuan penelitian ini, magnesium secara efektif dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, arthritis, penyakit Alzheimer, dan penyakit terkait kesehatan peradangan lainnya.(7)

4. Mengurangi tekanan darah
Selain magnesium, kurma juga mengandung kalium. Bagi tubuh, kandungan keduanya dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah, juga menyehatkan jantung.(1)

5. Menjaga kondisi tubuh saat hamil
Penelitian yang dilakukan para peneliti di University of Science and Technology menyimpulkan, kurma berguna bagi ibu hamil dan memperlancar persalinan. Setelah meneliti 69 wanita selama satu tahun dan 1 bulan, para peneliti menemukan bahwa konsumsi kurma dalam 4 minggu terakhir sebelum persalinan membuat persalinan lancar sehingga tidak membutuhkan induksi.

Kurma biasa dikonsumsi wanita di Timur Tengah sebelum dan setelah melahirkan untuk memperkuat otot rahim. Karena dipercaya bisa membantu memperlancar proses persalinan, juga mencegah pendarahan setelah ibu melahirkan. Kalium, glisin, dan treonin dalam kurma juga diyakini bisa melancarkan produksi air susu ibu.(1)

6. Meningkatkan kesehatan otak
Dalam 100 gram kurma, terkandung vitamin B6 sekitar 0,2 persen. Dan berdasarkan beberapa penelitian, seperti yang ditemukan di JAMA Internal Medicine, kandungan vitamin B6 dalam kurma bermanfaat meningkatkan kinerja otak. Walhasil, orang yang mengonsumsi kurma bisa mengerjakan ujian dengan lebih baik.(1)

 

7. Menjaga daya tahan tubuh
Ketika puasa, tentu kita harus menjaga stamina tubuh agar senantiasa bugar dan tidak mudah sakit. Salah satunya dengan menjaga kecukupan asupan vitamin C dan zinc yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.(1) Bila perlu, Anda juga bisa memperoleh tambahan vitamin C dan zinc dengan mengonsumsi satu tablet Redoxon Double Action usai makan besar kala sahur.

 

Setelah tahu manfaat kurma akan tubuh, kini saatnya Anda memilih kurma yang layak disantap. Yakni:

a. Tidak lengket
Anda tidak disarankan membeli kurma yang lengket dengan kurma lain. Sebab, kurma tersebut diperkirakan lengket lantaran tercampur dengan gula.

b. Tidak berlubang

Kurma yang berlubang biasanya terjadi akibat kutu yang berkembang biak dan keluar dari bijinya. Artinya, pengiriman tidak baik sehingga kutu di dalam kurma menembus daging.

c. Tidak keriput

Ketika kulit daging keriput, itu bertanda kurma terlalu kering. Sebab kurma yang kering, kandungan gizinya sudah berkurang.(8)

 


Sumber:
(1)Ali et al. 26 Nutritional and Medicinal Value of Date Fruit. Sultan Qaboos University. 2016

(2) http://www.nutraingredients.com/Research/Soluble-fibre-boosts-satiety-aids-weight-loss-study

(3) http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983

(4) http://westernhealth.nl.ca/uploads/healthyeating/potassium_content_of_selected_fruits.pdf

(5) http://healthyeating.sfgate.com/much-potassium-should-consumed-per-day-5944.html

(6) http://www.livescience.com/47696-potassium-may-lower-stroke-risk.html

(7) http://naturalsociety.com/magnesium-is-a-powerful-natural-anti-inflammatory-mineral/

(8) https://www.thespruce.com/all-about-dates-4067019