Bagikan di :

Tetap Jaga Imun Walau Sudah Vaksin Corona

Vaksin Corona dipercaya mampu membantu masyarakat untuk memiliki imun yang lebih kuat dalam menghadapi virus menular tersebut. Vaksin sendiri adalah virus yang dilemahkan dan dimasukkan ke dalam tubuh untuk merangsang produksi antibodi supaya dapat mengenali dan melawan jenis virus yang sama ketika benar-benar menginfeksi (3). Dengan 2 kali dosis pemberian, peneliltian membuktikan bahwa para penerima vaksin memiliki peningkatan imun di atas 90% dengan efektivitas vaksin hingga 6 bulan setelah pemberian (1).

Meskipun terbukti memperkuat sistem kekebalan tubuh, tetap saja Anda harus menjaga pola hidup sehat dan makan makanan bergizi supaya hasilnya lebih baik lagi (2). Berikut ini adalah beberapa cara jaga imun tubuh yang bisa dilakukan sehari-hari:

1. Tidur yang cukup

Cara menjaga imun yang pertama adalah dengan mendapatkan jam tidur yang cukup. Ketika sedang beristirahat, tubuh memiliki kesempatan untuk memperbaiki dan memperbaharui sel-sel tubuh yang sudah tua dan lelah. Regenerasi sel ini sangat diperlukan supaya tubuh selalu dalam kondisi prima. Selain memperbaiki sel yang rusak, tidur juga membantu pikiran dan tubuh lebih rileks serta menjaga keseimbangan hormon yang berperan besar pada kesehatan secara umum. Sepadat apapun kegiatan Anda, pastikan mendapatkan tidur malam yang cukup yaitu antara 5 hingga 7 jam (4).

2. Hindari minuman beralkohol

Meskipun beberapa orang merasa bahwa alkohol mampu memberikan kehangatan pada tubuh, namun tidak bisa dipungkiri bahwa banyak minum alkohol dapat merusak fungsi organ serta menurunkan kesehatan secara umum. Ketika tujuan menerima vaksin Corona adalah untuk menjaga imun, jangan membuat upaya tersebut sia-sia dengan mengonsumsi alkohol. Jika kebetulan Anda menggemarinya, dari sekarang lebih baik mengalihkan kesukaan tersebut ke hal yang lain supaya sistem imun bisa lebih kuat dan segala jenis penyakit enggan mendekat (4).

3. Olahraga rutin

Olahraga punya segudang manfaat. Selain untuk menjaga berat badan supaya tetap stabil, olahraga secara teratur juga dapat memelihara dan memperlancar aliran darah sehingga semua sel dalam tubuh lebih segar dan sehat, serta zat penting dalam sistem imun bisa disebarkan secara maksimal ke seluruh tubuh. Olahraga juga membantu proses pengeluaran racun yang sempat mengendap di tubuh dan mengganggu kesehatan melalui keringat. Dengan begini, tubuh akan lebih kuat karena otot yang terlatih dan metabolisme juga semakin baik (4).

4. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Selain berolahraga, Anda juga perlu memberikan asupan makanan yang bernutrisi pada tubuh agar sari makanan yang baik dapat disebarkan melalui pembuluh darah dan memperkuat imun tubuh. Memang tidak ada makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara instan, namun Anda bisa membuatnya jadi lebih aktif dan kuat dengan memilih makanan yang kaya prebiotik (4). Contoh makanan tersebut adalah buah, sayur, yoghurt dan makanan fermentasi yang menjaga kesehatan pencernaan serta tubuh secara keseluruhan.

5. Makan makanan kaya vitamin

Keseimbangan gizi yang diterima tubuh tentunya membawa kebaikan terhadap tubuh. Selain mengkonsumsi makanan bernutrisi yang kaya protein sebagai zat pembangun dan mineral yang baik bagi metabolisme, jangan lupa Anda juga membutuhkan buah dan sayur yang memiliki vitamin C tinggi Ada banyak sekali jenis buah dan sayur yang menjadi sumber vitamin ini misalnya saja jambu merah (guava) yang menduduki peringkat teratas, brokoli, kale, tomat, jeruk dan stroberi. Mengkonsumsinya secara langsung setelah dicuci tentu saja diperbolehkan. Jika ingin lebih seru dan modern, olah berbagai buah tersebut sebagai jus ataupun smoothie yang nikmat diminum bersama keluarga di rumah.

6. Minum suplemen tinggi vitamin C

Kendati sayur dan buah dapat memberikan vitamin C yang dibutuhkan untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh, terkadang jumlahnya tidak mencukupi angka kebutuhan harian. Hal ini disebabkan setiap orang sangat mungkin punya kebutuhan vitamin C yang berbeda karena kegiatan, usia maupun jenis kelamin yang tidak sama. Belum lagi ketika Anda sedang dalam masa pemulihan selepas operasi atau sehabis sakit, kebutuhan vitamin ini akan meningkat secara drastis. Jika perlu, Anda dapat mengkonsumsi suplemen makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Suplemen ini biasanya dalam bentuk tablet hisap, tablet telan maupun larut air yang mudah dikonsumsi.

7. Tetap menjalankan protokol kesehatan ketika keluar rumah

Menerima vaksin bukan berarti Anda jadi kebal dari infeksi virus Corona. Meskipun memang Anda menjadi lebih kuat karena sistem imun yang berkembang, namun tetap ada kemungkinan penularan. Itulah sebabnya setelah menerima vaksin Anda tetap harus disiplin mengenakan masker. Begitu pula dengan kebiasaan mencuci tangan supaya kuman, virus dan bakteri lebih sulit masuk ke dalam tubuh. Protokol kesehatan tidak meningkatkan imun tubuh secara langsung, tapi setidaknya langkah ini memperbesar jarak Anda dengan virus menular tersebut sehingga selama masa sesudah vaksin tubuh tidak harus bekerja keras melawan virus terlebih dahulu.

Mendapatkan vaksin Corona tidak lantas membuat Anda bisa mengabaikan dan melalaikan usaha untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kunci dari bebas Corona adalah gaya hidup sehat yang membuat imun meningkat jadi pastikan Anda melakukan ketujuh cara di atas.

Referensi:

1. How long does immunity last after COVID-19 vaccination? (2021) diakses pada 22 April 2021 dari
   https://www.gavi.org/vaccineswork/how-long-does-immunity-last-after-covid-19-vaccination

2. Coronavirus Vaccine: 5 Ways To Boost Your Immune Response To The COVID-19 Vaccine (2021) diakses pada 22 April 2021 dari
    https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/health-news/coronavirus-vaccine-5-ways-to-boost-your
    immune-response-against-the-covid-19-vaccine/photostory/80855207.cms?picid=80855383

3. COVID-19 Vaccine Combos Aim to Boost Immunity (2021) diakses pada 22 April 2021 dari https://www.the-scientist.com/news
    opinion/covid-19-vaccine-combos-aim-to-boost-immunity-68529

4. How To Improve Your Immune Response To The COVID-19 Vaccine Shot? Expert Reveals (2021) diakses pada 22 April 2021 dari 
    https://food.ndtv.com/health/immunity-things-to-do-after-you-receive-the-covid-19-vaccine-shot-2357694